DetikNews
Jumat 08 Februari 2019, 10:15 WIB

Prabowo Sebut Negara Punya Genderuwo, Sandiaga: Mestinya Jadi Introspeksi

Indra Komara - detikNews
Prabowo Sebut Negara Punya Genderuwo, Sandiaga: Mestinya Jadi Introspeksi Foto: Sandiaga Uno (Mochamad Solehudin/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno menilai pernyataan Prabowo Subianto soal negara ini punya Genderuwo semestinya dijadikan introspeksi. Sebab, apa yang disampaikan sang capres bukanlah asal bicara.

"Yang disampaikan Pak Prabowo itu mestinya menjadi introspeksi kita bagaimana kredit itu harus merata, jangan hanya yang dekat dengan kekuasaan, tapi juga kepada rakyat kecil harus juga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan pendanaan," kata Sandiaga usai olahraga di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).


Sandiaga mengungkapkan, saat ini akses pendanaan untuk UMKM masih dirasa sulit. Sulitnya pendanaan itu pun kerap dikeluhkan oleh masyarakat kepadanya. Oleh sebab itu, Sandiaga berharap ada keadilan dalam pemberian akses dana.

"Ya tentunya kita lihat akses pendanaan itu kadang-kadang sulit untuk para UMKM, kemarin di Nganjuk saya ditanyakan kenapa akses pendanaan sulit, ya ini bagian PR yang harus kita bersihkan bahwa pendanaan ini kita harus bisa diberikan seluas luasnya termasuk kepada UKM," ujarnya.

"Bu suparitai kalau tidak salah menyampaikan kalau tidak salah di Blora menyampaikan mereka merasakan bantuannya itu dari atasnya 10 juta tapi tidak dirasakan sampai di level terbawah, ini kita harus selesaikan dengan pemerintah. Bersih pola pengawasan ya, betul betul ketat dan pemerintahan kuat," imbuh Sandiaga.


Sebelumnya, negara genderuwo disinggung Prabowo saat pidato dihadapan buruh di Hall Sport Mal Kelapa Gading, Jakarata Utara, Rabu (6/2). Prabowo mengeluhkan sulitnya mendapat pinjaman dari bank.

Prabowo kemudian menanyakan negara ini milik siapa. Dia lalu menyinggung 'genderuwo'.

"Ini negara punya siapa? Punya genderuwo katanya ini. Punya genderuwo," kata Prabowo di Hall Sport Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2).


Praktisi sebut Ada Tiga 'Genderuwo' Ekonomi, Maksudnya? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



(idn/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed