DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 21:00 WIB

Didukung Alumni SMA Pangudi Luhur, Jokowi Dapat Sapu 'Bersihkan' Koruptor

Andhika Prasetia - detikNews
Didukung Alumni SMA Pangudi Luhur, Jokowi Dapat Sapu Bersihkan Koruptor Foto: Jokowi dapat dukungan Alumni SMA Pangudi Luhur. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat dukungan dari alumni SMA Pangudi Luhur (PL) Jakarta untuk Pilpres 2019. Sebagai tanda dukungan, Jokowi diberikan sapu secara simbolis.

Deklarasi alumni PL yang tergabung dalam Forum Pangudi Luhur (FPL) itu digelar di Energy Building SCBD, Jakarta, Rabu (6/2/2019). Semua pendukung yang hadir adalah laki-laki, mengingat SMA Pangudi Luhur merupakan sekolah homogen. Mereka mengenakan kaus hitam bertuliskan 'Berbeda Tapi Bersatu'.


Salah satu alumni PL yang juga Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Roslan P Roeslani menjelaskan alasan alumni PL mendukung Jokowi, ketimbang kandidat lainnya yang merupakan alumni PL. Teriakan 'huuu' terdengar saat Roslan berbicara soal alumni tersebut.

"Ada yang nanya, ini kok alumni PL tidak mendukung calon cawapres dari PL juga. Belum selesai. Tapi kita alumni PL belajar dari bapak. Jangan dahulukan kepentingan golongan, tapi kepada kepentingan negeri. Kami menyaksikan dengan sepenuh hati bapak capres 2019-2024 yang terbaik untuk memimpin negeri ini," ujar Roslan.

Deklarasi dukungan disampaikan Andi Pratama selaku alumni PL 2017. Andi membeberkan alasannya mendukung Jokowi. Para peserta riuh saat Andi menyebut Jokowi lelaki sejati.

Didukung Alumni SMA Pangudi Luhur, Jokowi Dapat Sapu 'Bersihkan' KoruptorFoto: Jokowi dapat dukungan Alumni SMA Pangudi Luhur. (Andhika Prasetia/detikcom).

"Kami alumni PL bersatu menyatakan mendukung penuh pasangan Ir H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin untuk menjadi Presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi bangsa indonesia. Hidup NKRI, hidup FPL!" ucap Andi.

Setelah deklarasi, salah satu alumni PL memberikan sapu secara simbolis pada Jokowi. Sapu yang ternyata milik petugas bersih-bersih SMA Pangudi Luhur Jakarta itu bermakna untuk menyapu bersih koruptor.

"Lelaki sejati antikorupsi seberapa pun jumlahnya. Kami ingin memberikan bekal untuk 2019-2024. Sebuah sapu, pak. Ini bersihin semua, untuk bersih-bersih, ini sapunya Pak Salam, dijamin bersih. Kalau bersih-bersih masih ada yang bandel, ini untuk mentung," ujarnya.

Dalam acara ini, hadir juga Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir. Selain itu, hadir Seskab Pramono Anung dan Menag Lukman Hakim Saifuddin.


Sebelumnya diberitakan, cawapres Sandiaga Uno juga tampak mendapat dukungan dari alumni PL yang merupakan teman-temannya. Sandiaga merupakan salah seorang alumni PL.

Dukungan tersebut terlihat dari beredarnya foto-foto Sandiaga usai bermain basket di lapangan indoor SMA Pangudi Luhur. Ia dan beberapa temannya tampak mengenakan kaus sama bergambar muka cawapres nomor urut 02 itu bertulisan: He's My Brother, Anak PL Dukung Anak PL. Mereka berpose dua jari menaikkan jari telunjuk dan jempol, khas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga.

Sandiaga diketahui bermain basket indoor dengan teman-temannya pada Sabtu (2/2) di SMA Pangudi Luhur, Jalan Brawijaya IV No 47, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski temannya memakai kaus bernada dukungan, Sandiaga menegaskan bukan berarti alumni sekolahnya memberikan dukungan untukknya.

"Nggak, nggak, Pangudi Luhur ini sebuah sekolah yang sangat mendukung pluralisme, saya muslim dan ini sekolah Katolik, tapi kita yang kita jaga adalah brotherhood, karena konsep Pangudi Luhur ini laki-laki semua ya jadi ya brotherhood dan tidak ada dukung-mendukung," jelas Sandiaga.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed