DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 18:17 WIB

TKN Dukung Relawan Jokowi yang Tolak RUU Permusikan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN Dukung Relawan Jokowi yang Tolak RUU Permusikan Deklarasi Bidadari Jokowi (Dok. TKN Jokowi-Ma'ruf Amin)
Jakarta - Relawan Bidadari Jokowi menolak RUU Permusikan. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin pun mendukung langkah sang relawan.

"TKN mendukung organ relawan Bidadari Jokowi yang menolak RUU Permusikan karena berpotensi menghambat perkembangan musik Indonesia. Bahkan merepresi para pekerja musik," ujar Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma'ruf, Maman Imanulhaq, dalam keterangan tertulis, Rabu (6/2/2019).

Maman mengungkapkan selama ini komitmen Jokowi terhadap perkembangan musik sudah jelas. Jokowi selalu mendorong para musisi lebih maju lagi.

"Untuk membuat target dan peta jalan bagi pemerintah dan para pelaku industri musik agar musik nasional berkembang lebih maju," katanya.


Sementara itu, Ketua Relawan Bidadari Jokowi, Linda Kartika, menjelaskan alasannya menolak RUU Permusikan. Pihaknya menilai RUU tersebut bertolak belakang dengan kebijakan capres nomor urut 01 itu.

"Kami menolak lahirnya RUU Permusikan yang diinisiasi F-PAN. Karena akan menghambat proses kreativitas. Ini sangat bertolak belakang dengan semangat pemerintah Jokowi yang mendorong perkembangan industri kreatif, terutama industri musik," tutur Linda.

Penolakan ini disampaikan Bidadari Jokowi saat deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Deklarasi digelar di Hotel Aryaduta Jakarta, hari ini, dan dihadiri Maman.


Lebih lanjut, Linda mengatakan RUU Permusikan menyimpan banyak masalah fundamental. Di antaranya menghambat dukungan perkembangan proses kreasi, merepresi para pekerja musik, dan dikhawatirkan akan tumpang-tindih dengan UU Hak Cipta, UU Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, serta UU ITE.

"Sekali lagi, tolak RUU Permusikan karena bertolak belakang dengan semangat kemajuan budaya Indonesia," pungkasnya.


Tonton video: Usai Mengkritik Anang Hermansyah, Kini Jerinx Serang Anji

[Gambas:Video 20detik]


(mae/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed