DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 15:43 WIB

Kepala Bekraf Jamin Pemerintah Tolak Pasal Kontroversial RUU Permusikan

Andhika Prasetia - detikNews
Kepala Bekraf Jamin Pemerintah Tolak Pasal Kontroversial RUU Permusikan Triawan Munaf (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan, draf RUU Permusikan belum sampai di pemerintah. Namun, ia menjamin sikap pemerintah tidak sepakat ada pasal-pasal yang dianggap kontroversial.

"Masih di DPR dan baru draf awal. Kan nanti melalui banyak proses, belum dibentuk Panja. masih terlalu jauh untuk suka dan tidak disukai. Tapi bahwa ada pasal-pasal aneh saya setuju, jangan sampai pasal-pasal itu lolos. Pemerintah juga pasal-pasal itu tidak akan lolos," kata Triawan di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Diketahui, sejumlah pasal dalam draf RUU Permusikan yang dipersoalkan di antaranya Pasal 5 dan Pasal 32-35. Pasal 5 mengatur tentang sejumlah larangan bagi pelaku musik dalam membuat kreasi. Selain itu, Pasal 32-35 mengatur tentang uji kompetensi bagi para pelaku musik.



Muncul pula petisi #TolakRUUPermusikan dari kalangan musisi. Triawan mengatakan, akan menerima aspirasi tersebut dari para seniman musik.

"Untuk rekan-rekan seniman, musisi, nggak usah khawatir. Saat sampai ke pemerintah, nanti kita akan saring lagi," ujar dia.



Salah satu pasal yang kontroversial di RUU Permusikan adalah pasal 5 yang dianggap membatasi kebebasan berkreasi. Triawan mengatakan pembahasan pasal-pasal itu sebenarnya masih sangat awal.

"Banyak beberapa pasal. Dan itu masih sangat mentah. Kita kan kalau mau bikin RUU masih panjang. Belum nanti uji publik, dan lain-lain. Terlalu awal untuk terlalu keras. Lebih baik sama-sama duduk. Saya jamin pemerintah tidak akan bisa menerima pasal-pasal itu," jelasnya.


Tonton video: Usai Mengkritik Anang Hermansyah, Kini Jerinx Serang Anji

[Gambas:Video 20detik]




(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed