BPN: 2 Orang Asing di Foto dengan Prabowo dari Kedubes Australia dan Swedia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 06 Feb 2019 11:55 WIB
Andre Rosiade (Azizah/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mempertanyakan adanya dua orang asing dalam satu ruangan bersama Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menegaskan dua bule tersebut bukan konsultan asing, melainkan tamu dari kedutaan besar negara sahabat.

"Orang kedubes negara sahabat," ungkap juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, saat dimintai konfirmasi, Rabu (6/2/2019).

Foto yang dipersoalkan memperlihatkan Prabowo-Sandiaga sedang berada di sebuah ruangan bersama sejumlah orang lainnya. Tampak Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) duduk di dekat Prabowo. Di samping Prabowo ada Sandiaga.


Kemudian di samping Sandiaga duduk istrinya, Nur Asia Uno. Perempuan warga negara asing terlihat berada di sebelah Nur Asia. Lalu warga asing pria duduk di seberangnya. Dalam ruangan itu juga tampak dua elite PD yang merupakan putra dari SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro yudhoyono (Ibas).

Menurut Andre, foto diambil di JJC Senayan, Jakarta, dalam perhelatan pidato politik Prabowo Subianto pada 14 Januari 2019. Dua orang asing tersebut merupakan tamu undangan.

"Perwakilan negara sahabat ingin mendengar langsung pidato Pak Prabowo. Yang wanita Amy Keough 2nd Sect Australian Embassy, yang lelaki Mr Johan Hultquist, Deputy Head of Mission, Sweden Embassy," jelas Andre, yang juga ada di ruangan tersebut saat foto diambil.

BPN: 2 Orang Asing di Foto dengan Prabowo dari Kedubes Australia dan SwediaFoto: Foto dua orang asing bersama Prabowo-Sandiaga. (Dok Istimewa)

Politikus Gerindra ini membantah keduanya merupakan konsultan asing Prabowo-Sandiaga. Andre menyatakan Prabowo memang mengundang sejumlah negara sahabat saat pidato kebangsaannya itu.

"Kan pihak kami undang negara-negara sahabat. Clear ya semua," tutur caleg DPR RI Dapil Sumbar I tersebut.

Sebelumnya, juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, mempertanyakan foto warga negara asing bersama Prabowo-Sandiaga. Ia lalu menyinggung soal isu Prabowo menyewa jasa konsultan asing.


"Di era keterbukaan seperti sekarang ini, BPN Prabowo-Sandi justru tidak bisa mengelak dengan banyaknya jejak digital kehadiran konsultan asing di kubu mereka," ungkap Ace Hasan kepada wartawan, Rabu (6/2).

"Jejak digital itu bisa ditemukan dengan mudah dalam bentuk foto, video, maupun informasi-informasi di social media," tambahnya.


Soal Propaganda Rusia, Apa Kata Jokowi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini. (elz/fjp)