detikNews
Senin 04 Februari 2019, 23:07 WIB

Ucapan Imlek 2019 Selain Gong Xi Fa Cai

Tim detikcom - detikNews
Ucapan Imlek 2019 Selain Gong Xi Fa Cai Ilustrasi (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta - Gong Xi Fa Cai merupakan kata-kata yang paling sering didengar ketika tahun baru China tiba. Apa lagi ucapan untuk Imlek 2019?

Pada tahun 2019 ini, Imlek jatuh pada bulan Februari. Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang dilakukan setiap tahunnya. Terutama di tahun 2019 ini, Imlek akan dirayakan pada tanggal 5 Februari.

Gong Xi Fa Cai tahun ini sudah menginjak tahun 2570, seluruh warga keturunan Tionghoa akan menyambut tahun baru Imlek dengan sukacita dan saling mengucapkan kata Gong Xi Fa Cai.



Ucapan Tahun Baru Imlek

Selain makanan dan berbagai pernak-pernik Imlek, semua tidak sah jika tidak mengucapkan selamat tahun baru Imlek setiap bertemu orang lain yang merayakannya. Tradisi ini memang ada sejak lama, tentu saja hal ini sangatlah penting untuk yang merayakannya dan saling berbagi kata-kata indah.

Umumnya masyarakat mendapatkan kata indah tersebut dari berbagai puisi atau merangkai sendiri. Tentunya kata-kata itu disampaikan dengan menggunakan bahasa Mandarin.

Untuk membuat kartu ucapan sendiri, selamat tahun baru Imlek 2019 sangatlah mudah. Kita dapat menggunakan bahan-bahan kertas hiasan yang dijual di toko.

Selain itu, kita dapat membeli berbagai desain unik, lucu, dan berkesan yang akan diberikan kepada sanak saudara, teman kerja, serta teman kantor.

Kita juga bisa memberikannya kepada orang yang tersayang, seperti kekasih, suami kepada istri, istri kepada suami, dan kerabat yang dikenal dengan baik.

Selain Gong Xi Fa Cai, ternyata masih ada kata-kata ucapan tahun baru Imlek yang bisa digunakan untuk saling berbagi ucapan selamat Imlek. Kata-kata berikut ini pun bisa kamu gunakan untuk mengucapkan selamat tahun baru Imlek melalui media SMS, Facebook, ataupun menggunakan Twitter.

Contoh ucapan Selamat Imlek 2019 dari Bahasa Mandarin selain Gong Xi Fa Cai:

1. Xin Nian Kuai Le artinya Selamat Tahun Baru

2. Shen Ti Jian Kang artinya semoga selalu sehat

3. Da Ji Da Li artinya semoga mendapat berkah dan keberuntungan besar

4. Bu Bu Gao Sheng artinya semoga maju terus atau dapat promosi pekerjaan, hubungan atau usaha meningkat

5. Sheng Yi Xing Rong artinya semoga usaha bertambah jaya

6. Wan Shi Ru Yi artinya semoga semua keinginan terpenuhi

7. Gong Xi Fa Cai artinya berbahagia dan cepat kaya

8. Nian Nia You Yu artinya semoga tiap tahun selalu makmur

9. Kiong Hi Fat Coi Ang Pau Na Lai artinya Selamat Tahun Baru, angpaunya tolong diberikan ke saya.

10. Zhufu Nin Xinnian Kuaile, artinya menyambut musim dan harapan terbaik untuk Tahun Baru.



Selain itu ada beberapa ucapan yang bisa dibuat atau diberikan:

1. Gong Xi Fa Cai 2570. Semoga Imlek membawa rejeki yang berlimpah dan kesehatan buat kita semua. (Happy Chinese New Year. May better luck come into us in this new year. Gong xi. Gong xi. Gong xi fa cai 2570)

2. Gong Xi Fa Cai 2570. (Semoga Imlek membawa rezeki yang berlimpah dan kesehatan buat kita semua.)

3. Kami sekeluarga ingin Mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek Gong Xi Fat Chai. Semoga Sukses Selalu!

4. Gong Xi Fa Cai. Semoga Imlek membawa rezeki yang berlimpah dan kesehatan buat kita semua. (Happy Chinese New Year. May better luck come into us in this new year. Gong xi. Gong xi. Gong xi Fa cai )

5. Gong Xi Fa Cai! Xin Nian Kuai Le.Zhu Ni Shenti Jiankang, Quanjia Xingfu, Wanshi Ruyi (Gong Xie Fat Cai,may Good Health, Peace, Prosperity, Happiness and Longetivity be with you and great success in making better & Greater Things Happen!)

6. Kami sekeluarga ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek Gong Xi Fat Cai. Semoga Sukses Selalu!

7. Semoga tahun barumu diawali dengan senyuman dan hati yang bersih. Gong xi fa cai. Happy always.

Selain ucapan Imlek, ada fakta-fakta tentang Imlek. Berikut fakta Imlek dan kartu ucapannya:

Tanggal Selalu Berubah

Kalender merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membantu mengaturnya. Salah satu kalender yang digunakan adalah kalender Masehi. Namun tahun baru Imlek didasarkan pada kalender bulan, karena tanggal Imlek dapat berubah di kalender yang masyarakat China gunakan.

Umumnya tahun baru Imlek dirayakan antara awal Februari dan akhir Februari.

Liburan Terpanjang di China

Festival Musim Semi berlangsung selama 15 hari, terutama jika perayaan dilakukan di China karena terbagi menjadi empat musim. Namun, karena perayaan dimulai sejak malam tahun baru Imlek, totalnya menjadi 16 hari.

Ciri khas di Indonesia saat Imlek datang adalah seringnya hujan. Belum lagi jika disambungkan dengan Festival Laba, yang tahun ini jatuh pada 13 Januari. Jumlahnya menjadi 40 hari perayaan. Berbicara soal liburan terpanjang di China, di Indonesia sendiri merupakan salah satu liburan yang ditunggu meskipun hanya satu hari.

Jika merunut ke belakang, sebenarnya Imlek merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang awalnya tidak diakui. Namun pada masa Presiden Gus Dur, diputuskan untuk mengeluarkan keputusan bahwa Imlek merupakan perayaan yang harus dihormati, terutama mereka yang mayoritas etnis China. Sehingga sejak saat itu, Imlek masuk dalam perayaan yang diakui di Indonesia dan tanggal itu dijadikan hari libur.

Mudik Terbesar

Ternyata tradisi mudik tidak hanya ada di Indonesia saat Lebaran. Orang-orang China pun memiliki tradisi berkumpul bersama keluarga saat liburan Imlek. Hal ini menyebabkan terjadinya migrasi tahunan terbesar di dunia yang dikenal dengan sebutan Spring Festival Travel Rush. Tahukah total perjalanan pesawat, kereta, bus, dan kapal di momen ini mencapai hampir 3 miliar?

Sebagai perbandingan, menurut American Automobile Association, kurang dari 100 juta orang bepergian lebih dari 80 kilometer pada liburan Natal di Amerika Serikat.

Namun di Indonesia, Imlek tidak menyebabkan mudik terbesar. Karena masyarakat di Indonesia banyak yang merayakan Lebaran sehingga mudik terbesar terjadi pada Lebaran atau hari raya besar.

Kartu Ucapan Imlek

Selanjutnya Imlek tidak sah rasanya tanpa adanya kartu ucapan Imlek. Kita bisa mengisikan berbagai ucapan yang berisi berbagai arti dan makna. Umumnya kartu ucapan ini diberikan kepada beberapa kerabat dan keluarga. Kartu ucapan biasanya menggunakan kartu khusus berwarna merah dengan tulisan Mandarin yang memiliki berbagai arti.

Ucapan hari Imlek bukan hanya ucapan, tapi banyak orang yang merasakan bahwa ucapan hari Imlek merupakan doa dan harapan yang diberikan.

Sudah siap mengucapkan tahun baru Imlek 2019 untuk sahabat, rekan, dan orang tersayang?


Simak Juga 'Filosofi dan Makna Lilin di Perayaan Imlek':

[Gambas:Video 20detik]


(nwy/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com