detikNews
Senin 04 Februari 2019, 16:52 WIB

Immanuel Ebenezer Dipolisikan karena Ucapan '212 Penghamba Uang'

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Immanuel Ebenezer Dipolisikan karena Ucapan 212 Penghamba Uang Eka Gumilar (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Seorang warga bernama Eka Gumilar melaporkan Immanuel Ebenezer ke Polda Metro Jaya. Immanuel dipolisikan lantaran pernyataannya di salah satu televisi swasta yang menyebut 'kelompok wisatawan 212 kelompok penghamba uang'.

"Hari ini kami melaporkan Saudara Immanuel Ebenezer karena kami nilai sangat (menyakitkan) sekali perasaan umat muslim, khususnya umat peserta aksi 212. Beliau mengatakan bahwa umat 212 itu penghamba uang dan tuhan-tuhannya adalah uang. Ini sangat menyakiti hati umat 212," kata Eka Gumilar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (4/2/2019).


Eka melaporkan Immanuel karena telah menjelek-jelekan aksi 212 saat menjadi pembicara di salah satu program televisi yang sedang membahas kasus musisi Ahmad Dhani pada 30 Januari 2019. Immanuel hadir dalam acara itu sebagai Ketua BTP Mania. Video dari pernyataan Immanuel ini juga viral di media sosial.

"Saya kira kegiatan (212) ini nggak ada yang bisa biayai jutaan orang yang ada, membayar pesawatnya, hotelnya dan sebagainya. Saya kira ini jangan mengada-adalah," kata Eka.


Eka mengatakan pernyataan yang disampaikan oleh Immanuel sangat mengada-ada. Dia menyebut Immanuel telah melakukan fitnah.

"Justru tindakan kami melaporkan adalah tindakan yang baik agar hal-hal yang memang menyinggung perasaan, fitnah, seperti ini dilaporkan sesuai anjuran Presiden. Jika ada bukti, ada tindak pidana, kita harus laporkan. Untuk itulah kita laporkan ini," sambungnya.

Eka mengingatkan Immanuel agar tidak berbicara hal yang dapat menyakiti hati orang lain. Menurut dia, aksi 212 berdampak positif terhadap masyarakat, di antaranya berdirinya koperasi 212 hingga bangkitnya ekonomi kerakyatan.

"Mungkin Saudara Immanuel ini lupa bahwa 212 bukan hanya umat muslim. Banyak juga yang nonmuslim ikut aksi itu, terlebih Pak Jokowi juga hadir dalam aksi 212 pada waktu itu," kata Eka.

"Dan salah satu penyemangat ekonomi kerakyatan kebetulan juga beliau pada waktu itu pada acara deklarasi koperasi ada KH Ma'ruf Amin. Jadi banyak sekali hal yang ketika diucapkan sebagai alumni 212 itu penghamba uang kenapa tokoh-tokoh seperti beliau, tokoh-tokoh ulama besar hadir di acara aksi 212," imbuhnya.

Dalam laporannya di Polda Metro Jaya, Eka menyertakan bukti berupa video dan print out berita tentang aksi 212 di media massa. Laporan Eka teregister dengan nomor LP/710/II/2019/PMJ/Dit.Reskrimum tanggal 4 Februari 2019 dengan pelapor Eka Gumilar dan terlapor Immanuel Ebenezer. Perkara yang dilaporkan adalah penghinaan terhadap kelompok atau golongan sebagaimana Pasal 156 KUHP.


Saksikan juga video 'Sebut Peserta Aksi 212 Penghamba Uang, Relawan Jokowi Dipolisikan':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed