DetikNews
Minggu 03 Februari 2019, 15:18 WIB

Gaya Sandiaga Uno Cicipi Ayam Kare hingga Tauco Udang di Aceh

Nabilla Nufianty Putri - detikNews
Gaya Sandiaga Uno Cicipi Ayam Kare hingga Tauco Udang di Aceh Foto: Dok. Gerindra
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, sempat berolahraga lari dengan berkeliling trek joging di Waduk Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Aceh Utara. Setelah berlari, Sandi pun mampir ke salah satu warung makan di depan Pendopo Bupati Lhokseumawe.

Menu yang dipilih adalah nasi gurih dengan berbagai macam lauk-pauk, seperti ayam kare, telur asin, dan tauco udang. Selain itu, dia sempat mencoba berbagai macam kue dan kopi pancung.

Sandi terlihat masih mengenakan kaus berwarna biru yang dipakainya saat lari. Kedatangannya di tempat makan langsung menyita perhatian masyarakat sekitar.


Menurut Sandi, Aceh punya kekayaan luar biasa. Dari sumber daya alam hingga kulinernya yang beraneka rasa. Mie dan kopi Aceh serta penganan khas, seperti timpan, banyak ditemukan di Jakarta dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

"Pusat kuliner seperti ini lebih dari sekadar tempat makan. Tapi juga sosialisasi anak muda dan masyarakat menengah perkotaan lainnya. Tempat bersilaturahmi yang merupakan salah satu pintu rezeki. Tempat makan khas seperti ini harusnya ada di setiap kota. Agar kelestarian masakan daerah Indonesia yang kaya tetap terjaga," ucap Sandi dalam keterangan tertulis, Minggu (3/2/2019).

Menurut Sandi, jika budaya masyarakat Aceh dalam mengkonsumsi kopi lokal ada di setiap wilayah Indonesia, serbuan jejaring kopi internasional bisa diredam sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi dan turunannya, sekaligus bisa membuat komoditas kopi Indonesia kembali jaya di dunia internasional.


"Budaya masyarakat Aceh untuk meyeruput kopi lokal harusnya menular ke wilayah lain di Indonesia. Ini bukan saja menggerakkan ekonomi dan menyerap lapangan kerja, tapi juga meredam gempuran kopi jaringan internasional," pungkas dia.
(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed