DetikNews
Jumat 01 Februari 2019, 19:14 WIB

5 Fakta Rudiantara yang Tanyakan #YangGajiKamuSiapa

Tim detikcom - detikNews
5 Fakta Rudiantara yang Tanyakan #YangGajiKamuSiapa Menteri Kominfo Rudiantara (Muhamad Imron Rosyadi/detikcom)
Jakarta - Ramai pernyataan Menkominfo Rudiantara yang menanyakan #YangGajiKamuSiapa. Ada beberapa fakta-fakta tentang Rudiantara. Apa saja?

Rudiantara lahir di Bogor, pada 3 Mei 1959. Ia merupakan profesional di bidang telekomunikasi.

Berikut 5 fakta Rudiantara.



1. Lulusan Statistik Unpad

Rudiantara berkuliah di Universitas Padjadjaran Jurusan Statistika dan meraih gelar sarjana pada 1984. Kemudian dia melanjutkan ke Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) atau PPM School of Management dan meraih MBA pada 1988.

2. Kerja di Indosat

Kariernya di bidang telekomunikasi dimulai di Indosat sebagai General Manager Business Development. Dia pernah menjadi Chief Operating Officer PT Telekomindo Primabhakti sejak 1996.

Jabatan eksekutif selama 11 tahun di Indosat dan Telkomsel hingga 2006 pernah diembannya. Rudiantara pernah menjadi Komisaris Independen PT Indosat Tbk.

Rudiantara juga menjabat Wakil Presiden Direktur PT Semen Gresik (Persero), Presiden Direktur dan CEO PT Bukit Asam Transpacific Railways, dan PT Rajawali Asia Resources.

Kemudian menjadi Direktur Hubungan Korporat PT XL Axiata Tbk dari Maret 2005 hingga 2008. Ia juga dipercaya sebagai Komisaris Independen di PT Telekomunikasi Indonesia sejak 1 Januari 2011 hingga Mei 2012, dan telah menjadi komisaris sejak September 2008. Terakhir dia menjadi Sekretaris Jenderal Asosiasi Telepon Seluler Indonesia.

3. Wakil Presdir PLN

Rudiantara pernah menjadi Wakil Presiden Direktur PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) sejak 2008. Dia juga pernah menjadi Wakil Presdir PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Direktur Semen Gresik Persero.

4. Menkominfo

Rudiantara diangkat menjadi Menkominfo sejak 2014 pada Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Jokowi-Wapres Jusuf Kalla. Dia menyisihkan beberapa nama top, seperti mantan anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang juga pengamat telekomunikasi Gatot S Dewa Broto serta akademisi dan praktisi TI Onno W Purbo.


5. Tagar #YangGajiKamuSiapa

Ramai tagar #YangGajiKamuSiapa terkait pernyataan Rudiantara. Tagar itu merujuk pada sebuah pernyataan Rudiantara dalam acara beserta seluruh aparatur sipil negara (ASN) instansinya di Hall Basket Senayan, Kamis (31/1).

Saat itu Rudiantara melibatkan para pegawainya untuk memilih desain terkait sosialisasi Pemilu 2019 yang nantinya akan dipasang di gedung Kominfo, seperti halnya pada ajang Asian Games 2018. Ketika itu ada dua desain yang jadi pilihan dan diberi nomor 1 dan 2.

Seakan mengetahui penomoran tersebut bisa disalahartikan, Rudiantara mengingatkan hal ini tak ada kaitannya dengan pemilu. Dia menegaskan dalam acara tersebut tidak memanggil satu orang, melainkan dua ASN terkait pemilihan desain sosialisasi yang nantinya akan dipajang di gedung Kominfo.

"Ini soal milih desain, bukan dikaitkan dengan pilpres," tegasnya.

Rudiantara pun angkat bicara mengenai keriuhan tagar #YangGajiKamuSiapa. Ia kaget pernyataannya itu jadi ramai.

"Saya kaget kenapa jadi begitu. Ini kan hanya soal memilih warna desain, tidak dikaitkan dengan pilpres," ujar Rudiantara saat dihubungi detikcom.
(nwy/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed