detikNews
Jumat 01 Februari 2019, 10:32 WIB

TKN Jokowi: Rocky Gerung Tak Perlu Khawatir, Ini Proses Hukum Biasa

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
TKN Jokowi: Rocky Gerung Tak Perlu Khawatir, Ini Proses Hukum Biasa Daniel Johan (Gibran Maulana/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya akan memeriksa Rocky Gerung terkait pernyataan 'kitab suci fiksi'. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meminta Rokcy Gerung tak terlalu khawatir terkait pemeriksaan itu.

"Tidak perlu ada yang dikhawatirkan, ini proses hukum biasa kok," ujar Wakil Direktur Kampanye TKN Daniel Johan kepada wartawan, Jumat (1/2/2019).


Pengacara Rocky Gerung, Haris Azhar, menyebut tidak ada persiapan khusus dari kliennya dalam memenuhi pemanggilan polisi. Haris menuturkan Rocky Gerung akan didampingi dia bersama beberapa kuasa hukum lainnya. Dia akan mendatangi Polda Metro Jaya sekitar pukul 15.00 WIB.

Daniel yakin polisi akan bekerja profesional. Prinsip keadilan, kata Daniel, akan diterapkan polisi dalam memeriksa Rocky.

"Kita meyakini penegak hukum akan menjalankan sesuai dengan prinsip keadilan dan peraturan yang ada," tegasnya.


Diketahui, Sekjen Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian melaporkan Rocky Gerung terkait ucapannya bahwa 'kitab suci itu fiksi' dalam program 'Indonesia Lawyers Club' (ILC) yang ditayangkan di tvOne. Jack melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri dan kasus itu kemudian dilimpahkan ke Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Laporan Jack diterima dengan tanda bukti laporan bernomor LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Rocky disangkakan melanggar Pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama. Sebelumnya, Jack sudah diperiksa sebagai saksi pelapor terkait kasus ini.


Saksikan juga video Throwback! Alasan Rocky Gerung Bicara 'Kitab Suci Itu Fiksi':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed