detikNews
Jumat 01 Februari 2019, 05:52 WIB

Ahmad Dhani dan Petuah Amien Rais untuk Catat Kejanggalan

Tim detikcom - detikNews
Ahmad Dhani dan Petuah Amien Rais untuk Catat Kejanggalan Ahmad Dhani-Foto: Palevi/detikHOT
FOKUS BERITA: Ahmad Dhani Ditahan
Jakarta - Tiga hari setelah divonis bersalah dan ditahan di Rutan Cipinang, Ahmad Dhani mengajukan banding. Ahmad Dhani tak terima dengan putusan yang menyatakan cuitan di akun Twitter miliknya sebagai ujaran kebencian.

"Mas Dhani tidak pernah merasa melakukan ujaran kebencian, makanya kita lakukan banding. Apalagi di tingkat pertama banyak sekali kejanggalan, pertimbangan hukum yang dangkal yang akan kita uji nanti di PT (Pengadilan Tinggi)," ujar pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko usai mendaftarkan banding di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (31/1/2019).

Tim pengacara Ahmad Dhani ingin menguji pertimbangan putusan majelis hakim dalam vonis, Senin (28/1) yang dinilai janggal.





Salah satu analisis yuridis majelis hakim adalah cuitan ketiga di akun Twitter Ahmad Dhani, yakni 'Siapa saja dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya - ADP.' Posting-an ini disebut hakim merupakan perintah Ahmad Dhani ke Bimo, admin Twitter @AHMADDHANIPRAST.

"Materinya sudah kita godok dan celah-celah lubang-lubang pertimbangan hakim yang lalai itu sudah sangat tampak dan jelas kelihatanlah," ujar Hendarsam.





Sedangkan di Rutan Cipinang, Ahmad Dhani mendapat kunjungan dari Amien Rais hingga cawapres Sandiaga Uno. Amien mengaku terkejut dengan keadaan Ahmad Dhani.

"Yang mengejutkan, dia riang gembira, yakin diri dan malah banyak kelakar," ujar Amien Rais kepada wartawan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019).

Amien Rais juga meminta Ahmad Dhani mencatat detail setiap kejadian yang dialami di Rutan Cipinang selama penahanan. Amien Rais memang mempertanyakan penahanan Ahmad Dhani setelah divonis 1,5 tahun penjara di PN Jaksel.





"Tentu saya mumpung bertemu meminta Mas Ahmad Dhani. 'Tolong selama Anda ditahan ini catat baik-baik semua kejanggalan yang ada di dalam Rutan Cipinang ini,' bukan saja yang tampak kasatmata, tapi juga saya dengar katanya memang campur tangan politik dari atas amat sangat sarat, sangat kentara," paparnya.

Karena itu, Amien Rais meminta Ahmad Dhani mencatat rinci fakta-fakta selama berada di Rutan Cipinang. Amien Rais lantas mengingatkan Menkum Yasonna Laoly.

"Saya juga mengimbau Mas Yasonna, Anda ini menteri, Menkum HAM ya. Hati-hati ya, Anda, jangan juga sampai melakukan intervensi politik. Kita buat perhitungan nanti. Sekian saja," tutur Amien Rais.

Yasonna Laoly belum menanggapi pernyataan Amien Rais. Saat dimintai konfirmasi, Laoly hanya membaca pesan WhatsApp, namun tak dibalas.


Saksikan juga video 'Sandi Anggap Ahmad Dhani Lagi Diberi Ujian':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
FOKUS BERITA: Ahmad Dhani Ditahan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed