Menristekdikti Lantik Hammam Riza Jadi Kepala BPPT Baru

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 30 Jan 2019 12:27 WIB
Pelantikan Hammam Riza sebagai Kepala BPPT (Foto: M Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta - Menristekdikti Mohamad Nasir melantik Hammam Riza menjadi Kepala Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Di bawah kepemimpinan Hammam, Nasir ingin BPPT mengimplementasi teknologi yang telah memiliki hak paten untuk masyarakat.

Pelantikan Hammam digelar di Auditorium II gedung BPPT, Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019). Hadir sejumlah pejabat dalam acara tersebut di antaranya yakni Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, serta Kepala Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) Jazi Eko Istiyanto.
"Target kementerian adalah menerapkan inovasi yang prototype-nya tadi, yang hak patennya sudah besar, bagaimana mengimplementasi pada inovasinya, pada produknya. Intinya itu saja, supaya nanti bisa bermanfaat pada masyarakat," kata Nasir setelah melantik Hammam.

Hammam sendiri mulai berkarir di BPPT pada tahun 1987. Jabatan terakhir yang diemban yakni Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) BPPT.

Hammam Riza Hammam Riza (Foto: M Zhacky Kusumo/detikcom)
Dalam memimpin BPPT, ada tiga program prioritas Hammam. Mulai dari penguatan lembaga, pengembangan sumber daya, dan memfokuskan kembali program-program sesuai rencana induk riset nasional.

"Dan yang ketiga saya itu ingin BPPT itu memperkuat program dan kegiatannya melalui refocusing berbagai kegiatan," jelasnya.
Satu hal yang juga disoroti Hammam yakni peningkatan intensitas bencana, khususnya tsunami di Indonesia. Dia menilai perlu adanya penerapan teknologi agar bencana seperti tsunami bisa dideteksi sejak dini.

"Mulai dari pemasangan buoy tsunami dan cable based tsunameter, FS kereta cepat dan LRT serta proyek prioritas nasional lain yang mesti kita tuntaskan segera dan sebaik-baiknya," ujar Hamam. (zak/jbr)