DetikNews
Selasa 29 Januari 2019, 11:35 WIB

Pakai Data Palsu, STNK Bentley Nunggak Pajak Rp 108 Juta Diblokir

Mei Amelia R - detikNews
Pakai Data Palsu, STNK Bentley Nunggak Pajak Rp 108 Juta Diblokir Plt BPRD DKI Faisal Syarifuddin dan Kepala Unit Pelayanan PKB dan BBNKB Elling Hartono. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Mobil Bentley bernopol B-2829-JZZ yang menunggak pajak senilai Rp 108 juta diduga menggunakan data palsu. Kendaraan tersebut akhirnya diblokir petugas Samsat Jakarta Barat.

"Iya, sudah diblokir kemarin," kata Kepala Unit Pelayanan PKB dan BBNKB Jakarta Barat Elling Hartono saat dihubungi detikcom, Selasa (29/1/2019).

Mobil tersebut teregistrasi atas nama Zulkifli, yang beralamat di Jalan Mangga Besar IV A Tamansari, Jakarta Barat. Petugas Samsat Jakarta Barat kemudian mendatangi lokasi dan menemukan kondisi yang mengejutkan.



Alamat 'si pemilik' ternyata berada di gang sempit. Sementara orang bernama Zulkifli juga tidak merasa memiliki mobil mewah tersebut.

"Akhirnya yang bersangkutan, karena tidak merasa memiliki mobil itu, ya, menandatangani permohonan blokir kendaraan," jelasnya.

Abdul Manaf, ayah Zulkifli, mengaku pernah memberikan fotokopi KTP anaknya kepada seseorang sekitar dua tahun lalu. Selain KTP Zulkifli, fotokopi dua KTP atas nama Abdul Manaf dan istrinya juga diberikan kepada orang yang sama.

Abdul Manaf mau memberikan fotokopi tersebut karena iming-iming diberi uang Rp 125 ribu. KTP atas namanya dan istrinya juga dipakai untuk registrasi mobil Toyota Harrier dan Mercedes-Benz.

"Cuma yang Harrier dan Mercy itu lancar pajaknya, nggak ada masalah," tutur Elling.


(mei/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed