DetikNews
Rabu 23 Januari 2019, 20:41 WIB

PKB Yakin Solid Meski Survei Indikator Sebut 27% Konstituen Dukung Prabowo

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
PKB Yakin Solid Meski Survei Indikator Sebut 27% Konstituen Dukung Prabowo Marwan Jafar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Indikator menunjukkan ada 27 persen konstituen PKB yang mengalihkan suaranya (split ticket voting) ke pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. PKB, yang mengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, menegaskan partainya tetap solid pada Pilpres 2019.

"Bisa, (split ticket voters) masih bisa (ditekan). PKB solid. Saya katakan solid," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Marwan Jafar di kantor Indikator, Jalan Cikini V, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).

Marwan menyatakan seluruh struktur partai akan bekerja maksimal karena tidak akan mendapatkan efek ekor jas (coattail effect) dari pencalonan Ma'ruf Amin sebagai cawapres. Pasalnya, menurut Marwan, coattail effect hanya didapatkan dari capres, bukan cawapres.

"Ini murni kerja partai sendiri. Sekali lagi, ini adalah kerja kami sendiri. Ya tidak ada faktor lain. Murni PKB, dari seluruh struktur, pengurus, caleg, semua murni internal PKB, tidak ada faktor apa pun," ujar Marwan.



"Jadi coattail effect itu di capres, bukan di cawapres. Jadi ya tadi sudah saya katakan bahwa coattail effect Pak Jokowi di PDIP, coattail effect Pak Prabowo di Gerindra. Sebetulnya partai yang lain tidak mendapatkan coattail effect karena coattail effect ada di capres. Meskipun demikian, ya kita semua commit untuk sesuai dengan koalisi yang ada," imbuhnya.

Sebelumnya, lembaga survei Indikator merilis hasil survei terkait pemilih dari parpol yang memberikan suara kepada pasangan calon yang bukan diusung partainya (split ticket voting). Hasilnya, pemilih PPP, Berkarya, dan Partai Demokrat (PD) paling banyak yang split voters.

Survei dilakukan pada 16-26 Desember 2018 terhadap 1.220 responden. Populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut ini persentase konstituen partai Koalisi Indonesia Kerja yang memilih Prabowo-Sandi:

PDIP: 6,0 persen
Partai Golkar: 31,2 persen
PKB: 27,0 persen
Partai NasDem: 27,8 persen
PPP: 43,2 persen
Partai Hanura: 39,6 persen
Partai Perindo: 27,9 persen
PSI: 8,1 persen
PKPI: 0,0 persen

Berikut ini persentase konstituen partai Koalisi Indonesia Adil Makmur yang memilih Jokowi-Ma'ruf:

Partai Gerindra: 14,1 persen
PKS: 21,1 persen
PAN: 26,0 persen
Partai Demokrat: 40,5 persen
Partai Berkarya: 42,1 persen


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di




(azr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed