DetikNews
2019/01/23 16:35:17 WIB

Sederet Surat yang Ditulis Ahok dari Balik Penjara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Sederet Surat yang Ditulis Ahok dari Balik Penjara Foto: Surat Ahok saat ulang tahun (Instagram basukibtp)
Jakarta - Selama 1 tahun 8 bulan dipenjara, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak benar-benar hilang dari publik. Lewat goresan tulisan tangannya, Ahok menyapa para pendukungnya hingga mengungkapkan curahan hatinya.

Surat dan pesan-pesan dari Ahok itu biasanya diunggah di akun media sosial @basukibtp yang dikelola oleh timnya. Ahok juga menghabiskan waktunya di Rutan Mako Brimob dengan menulis pesan di buku yang dipesan pendukungnya. Ada pula surat yang dibacakan oleh orang-orang terdekatnya.

Berikut sederet surat yang ditulis Ahok dari Rutan Mako Brimob:

23 Mei 2017: Surat Cabut Banding

Saat mencabut banding, Ahok menulis sepucuk surat untuk pendukungnya. Dia mengungkapkan isi hatinya sekaligus ucapan terima kasih terhadap orang-orang yang telah mendukungnya selama ini.



Surat itu dibacakan langsung oleh Veronica Tan, yang saat itu merupakan istri Ahok. Saat membacakan surat, Veronica sempat menangis.

"Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan seperti ini. Apalagi saya. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini. Jika untuk kebaikan kita dalam berbangsa dan bernegara," demikian bunyi penggalan surat Ahok.

Veronica menangis saat membacakan surat Ahok cabut banding / Veronica menangis saat membacakan surat Ahok cabut banding / Foto: Ari Saputra


24 Mei 2017: Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri Ahok yang ditujukan ke Presiden Jokowi diketik di atas kertas putih. Ahok membubuhkan tanda tangannya dengan pulpen warna biru. Dalam surat itu, Ahok melandaskan pengajuan pengunduran dirinya karena vonis 2 tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Mohon kiranya Bapak Presiden Republik Indonesia mengabulkan permohonan pengunduran diri saya ini," ujar Ahok di bagian akhir suratnya.

25 Agustus 2017: Bantu Pria Lamar Kekasihnya

Di buku 'Ahok di Mata Mereka', Ahok kerap menulis pesan untuk pemesan bukunya. empat ada pesan unik yang ditulis oleh Ahok berupa permintaan agar lamaran seorang pria diterima.

"Untuk Mentari. Tolong terima lamaran Andreas," tulis Ahok.



8 September 2017: Surat ke Vero di HUT Pernikahan

Dalam isi surat, Ahok mengungkapkan bagaimana Vero selama ini telah memperhatikan dan mengurus dirinya selama 20 tahun. Ahok mengucapkan terima kasih kepada Vero.

"Aku bersyukur dalam tahanan menjadi banyak waktu untuk merenung, betapa istriku bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah jadi dewasa, mampu berprestasi akan menjadi perempuan penolong bagi saya," tulis Ahok dalam surat.

Sean membacakan surat Ahok untuk Vero / Sean membacakan surat Ahok untuk Vero / Foto: Dok. Istimewa

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed