Disindir Kubu Prabowo, Herman Tukang Cukur Jokowi: Saya Asli Garut

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 23 Jan 2019 15:02 WIB
Herman saat mencukur rambut Jokowi di Garut. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Herman saat mencukur rambut Jokowi di Garut. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat disindir kubu Prabowo Subianto karena membawa tukang cukur dari Jakarta saat cukur rambut di Garut. Tukang cukur rambut Jokowi, Herman, mengaku dirinya memang berasal dari Garut alias 'asgar'.

"Saya asli Garut," kata Herman saat dijumpai di tempat kerjanya, Shortcut Barberia, Grand Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (23/1/2019).



Herman mengaku berasal dari Desa Bagendit, Bantar Jati, Kecamatan Banyuresmi, Garut. Ia mengatakan orang tuanya juga berprofesi sebagai tukang cukur dari Garut dan kini membuka usaha pangkas rambut di Jakarta.

"Ngikut orang tua. Belajarnya otodidak secara turun-temurun gitu," ucapnya.

Disindir Kubu Prabowo, Herman Tukang Cukur Jokowi: Saya Asli GarutHerman, tukang cukur Jokowi (Yulida Medistiara/detikcom)


Herman menjadi tukang cukur rambut Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hingga kini, ia selalu dipanggil Jokowi untuk memotong rambutnya.



Ia merasa bersyukur mendapat kepercayaan mencukur rambut Jokowi sejak dulu. Herman menilai Jokowi sudah cocok dengan potongan rambut hasil karyanya sehingga tak mau lagi mengganti orang.

"Sudah nyaman kan kalau potong rambut nggak sembarang orang, kayak masnya ini sudah cocok, coba, mau nyari siapa, gitu aja. Kalau ganti orang kan risikonya, beda tangan. Mungkin yang sudah tahulah, nggak usah nanya-nanya lagi, langsung saja," ujar Herman.

Disindir Kubu Prabowo, Herman Tukang Cukur Jokowi: Saya Asli GarutHerman, tukang cukur Jokowi (Yulida Medistiara/detikcom)


Ada yang menganggap momen Herman memangkas rambut Jokowi di Garut sebagai pencitraan. Menurut Herman, kedatangannya ke Garut itu adalah untuk menginspirasi tukang cukur asli Garut lainnya agar bisa sukses.

"Ya itu tergantung penilaian orang sajalah, ya mungkin bapak mengajak saya ya itu menginspirasi buat orang-orang sana aja, orang-orang Garut, bahwa ada yang dari Garut berhasil datang ke Jakarta," ungkapnya.



Sindiran itu sebelumnya dilontarkan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Jokowi disindir karena membawa tukang cukur dari Jakarta khusus untuk mencukur rambutnya di Garut.

"Cukur rambut di Garut, bawa tukang cukur dari Jakarta. Bangun pabrik di Sulawesi, bawa Buruhnya dari Luar Negeri," tulis Dahnil di Twitter, Senin (21/1).

Jokowi sebenarnya sudah menceritakan sosok Herman seusai cukur rambut di Garut. "Mas Herman ini tukang cukur saya di Jakarta. Sudah berapa? Enam tahun ya? Sejak gubernur di Jakarta. Mas Herman ini kebetulan memang dari Garut," kata Jokowi pada Sabtu (19/1/2019) lalu.


Simak Juga 'Pak Jokowi Anteng Banget Potong Rambut di Tukang Cukur Asgar':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/imk)