DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 04:27 WIB

5 ABK Berhasil Selamat dari Kapal Karam di Perairan Batam

Ray Jordan - detikNews
5 ABK Berhasil Selamat dari Kapal Karam di Perairan Batam Foto: Dok Dispen Koarmabar
Jakarta - Kecelakaan kapal terjadi di perairan Pulau Ngenang, Batam, Kepulauan Riau. Sebuah kapal yang membawa muatan solar sebanyak 250 ton karam di laut.

Dinas Penerangan Koarmabar dalam keterangan tertulis menyampaikan, kapal bernama TB Charly itu karam di Perairan Pulau Ngenang Batam, Jumat (18/1) lalu. Mendapat informasi tersebut, personel Pos Pengamat (Posmat) Mentigi langsung menuju lokasi.

Dalam perjalanan menuju lokasi kejadian, personel Posmat Mentigi berpapasan dengan speed boat KPLP KN-547 yang mengevakuasi ABK TB Charly yang berjumlah 5 orang, termasuk Nakhoda. Selanjutnya, Personel Posmat Mentigi merapat ke TB Berkat 3 yang membantu menyelamatkan para ABK TB Charly.


"Patroli Posmat Mentigi selanjutnya menuju ke Pangkalan KPLP untuk berkoordinasi dengan Kasiops Samsul Rizal di Kapal KPLP KN. Sarotama P 112 untuk meminta keterangan kejadian terhadap Nakhoda TB Charly," demikian tulis keterangan dari Dinas Penerangan Koarmabar, Minggu (20/1/2019).

Informasi yang didapat, TB Charly berangkat dari Tanjung Uban dengan tujuan Guntung, Pulau Burung, pada Kamis (18/1). Kapal tersebut bermuatan solar sebanyak 250 ton milik PT RSUP Pulau Burung.


"Dalam perjalanan, pakal buritan TB Charly terlepas terhantam ombak, sehingga air di buritan dan dalam kapal masuk dengan cepat. Selanjutnya para ABK kapal mengambil tindakan untuk memompa dengan pompa robin, pompa mesin lampu, dan pompa mesin induk, tetapi air begitu cepat masuk ke kapal sehingga hitungan sekitar 10 detik TB Charly langsung tenggelam," jelasnya.

Sebanyak 5 orang ABK, termasuk nakhoda TB Charly dievakuasi ke TB Berkat 3 dalam keadaan selamat. Dari hasil pemeriksaan diperoleh data nama Kapal TB Charly, Tonage 32 GT, asal Indonesia.
(jor/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed