detikNews
Sabtu 19 Januari 2019, 23:40 WIB

Kunjungi Lapas Porong, Fadli Zon Minta Napi Narkoba Diawasi Ketat

Suparno Nodhor - detikNews
Kunjungi Lapas Porong, Fadli Zon Minta Napi Narkoba Diawasi Ketat Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengunjungi Lapas Porong, Sidoarjo (Foto: Suparno/detikcom)
Sidoarjo - Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Fadli Zon mengunjungi Lapas Kelas I Surabaya yang terletak di Porong. Fadli datang untuk melihat kondisi dan situasi pembinaan di lapas.

Fadli yang datang beserta rombongan disambut Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono dan Kalapas Surabaya Suharman. Suharman menjelaskan kondisi Lapas Porong yang mengalami over kapasitas.


Dari kapasitas ideal 1.050 orang, saat ini lapas diisi hingga 2.550 orang. Dari jumlah itu, mayoritas penghuni dikategorikan high risk.

"Sebanyak 63% penghuni adalah WBP kasus narkotika. Ada juga 11 orang yang mendapat vonis hukuman mati dan 39 orang hukuman seumur hidup," kata Suharman dalam pertemuan di Graha Sugeng Handrijo, Sabtu (19/17/2019).

Selain itu, lanjutnya, ada warga binaan pemasyarakatan (WBP) kasus terorisme sebanyak 6 orang dan kasus korupsi 60 orang. Sisanya merupakan napi kriminal umum.


Pihak lapas menjelaskan kondisi over kapasitas yang mayoritas diisi napi kasus narkobaPihak lapas menjelaskan kondisi over kapasitas yang mayoritas diisi napi kasus narkoba (Foto: Suparno/detikcom)

Fadli mengatakan dia berkunjung dalam rangka menjalankan fungsi sebagai wakil ketua DPR RI yang membidangi polhukam. Menurutnya, masalah over kapasitas jadi persoalan klasik di seluruh lapas di Indonesia. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan dari sisi keamanan, logistik, hingga kesehatan.

"Masalah over kapasitas ini sudah menjadi pembahasan kami di DPR, kami terus mencari solusi terbaiknya," ujarnya.

Dia memberikan atensi terhadap jumlah WBP narkotika yang mendominasi jumlah penghuni. Menurutnya, pihak Lapas perlu memberikan perhatian yang lebih.


"Jangan sampai mereka kembali terlibat peredaran gelap narkotika baik di dalam maupun di luar Lapas," tegasnya.

Terkait catatan Fadli, pihak lapas menyatakan akan berupaya maksimal memerangi peredaran gelap narkotika. Pihak lapas akan berupaya mencegah dengan penggeledahan rutin dan mengingatkan petugas untuk jaga integritas.
(bdh/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed