PDIP Tak Persoalkan Debat Pilpres Kedua Tanpa Kisi-kisi

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Sabtu, 19 Jan 2019 18:53 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - KPU memutuskan tak akan lagi ada kisi-kisi alias bocoran pertanyaan yang akan diberikan ke capres-cawapres menjelang debat. PDIP tak mempermasalahkan hal itu.

"Ya buat kami tidak ada persoalan, karena apa yang disampaikan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin merupakan hal yang menjadi problematika rakyat dan bangsa kita, dan beliau hadir karena untuk memberikan jawaban itu," kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, saat berkunjung ke UKM perajin rempeyek UD Listinawati, Jalan Benda 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Hasto mengatakan debat pada dasarnya digelar untuk melihat calon pemimpin dalam menjawab persoalan bangsa dan negara. Capres-cawapres menjawab persoalan itu lewat pencanangan visi misi dan agenda prioritas.

Hasto kemudian menanggapi soal usulan pemberian kisi-kisi yang merupakan berasal dari usulan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Meski sudah diberikan kisi-kisi, Hasto menyoroti soal pernyataan Prabowo yang tidak kontekstual dalam debat.

"Ya, karena memang juga terbukti kan temanya kemarin HAM dan terorisme, penegakan hukum, tapi yang disampaikan Pak Prabowo kan sering di luar konteks. Maka tidak heran kalau mereka mengusulkan adanya kisi-kisi itu," tutur Hasto.

"Kemarin yang selalu disampaikan kan masalah pangan, masalah air. Sementara yang kita bicarakan adalah penegakan hukum, HAM, dan terorisme," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, KPU memutuskan tak lagi memberikan kisi-kisi materi pertanyaan debat capres ke pasangan calon. Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi debat pertama.

"Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon," ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan, saat dihubungi, Sabtu (19/1).

Keputusan ini diambil KPU dengan evaluasi yang diterima dari banyak pihak, termasuk masyarakat. Tujuan penghapusan kisi-kisi ke paslon sebelum debat, agar capres cawapres bisa tampil dengan performa terbaik.

KPU pada debat kedua tetap akan memilih panelis untuk debat bertema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Panelis akan menyiapkan daftar pertanyaan ke paslon. Namun kisi-kisinya tak diberikan ke pasangan capres-cawapres. (jbr/fdn)