'Dikejar' Prabowo soal Pejabat Parpol, Jokowi Singgung Baharuddin Lopa

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 17 Jan 2019 22:03 WIB
Jokowi-Prabowo Subianto (Agus Suparto/Setpres)
Jakarta - Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memberi pertanyakan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin soal penegakan hukum yang dinilai kerap tidak adil karena sang pejabat yang berasal dari partai penguasa. Jokowi lalu menyinggung soal mantan Jaksa Agung (almarhum) Baharuddin Lopa.

Awalnya Prabowo menanyakan pernyataan Jokowi soal aparat yang tidak mengayomi. Prabowo menilai jawaban Jokowi akan pertanyaan pasangannya, Sandiaga Uno, belum konkret.


"Bapak sudah mimpin 4 tahun. Apa yang bisa dilakukan segera supaya tidak terjadi yang kita khawatirkan. Penegakan hukum hanya untuk orang kuat. Itu yang ditanya wakil presiden saya. Karena jabatan-jabatan penting diserahkan ke kader yang aktif di partai politik," tanya Prabowo kepada Jokowi di debat capres di Hotel Bidakara, Jaksel, Kamis (17/1/2019).

Jokowi lalu menyebut seharusnya tidak boleh ada diskriminasi terhadap pejabat. Apakah berlatar belakang dari parpol atau dari profesional.


"Jabatan yang paling penting adalah sebuah proses rekrutmen betul, transparan, yang mengacu pada kompetensi, integritas, kapasitas," kata Jokowi.

Capres nomor urut 01 itu menyebut bukan berarti penegak hukum dari partai tidak profesional. Ia lalu mengungkit soal kiprah eks Jaksa Agung yang terkenal tegas.

"Misalnya Pak Baharuddin Lopa dari PPP memimpin kejaksaan sangat baik," sebut Jokowi.


Simak Juga 'Visi-Misi Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandi di Debat Perdana':

[Gambas:Video 20detik]


'Dikejar' Prabowo soal Pejabat Parpol, Jokowi Singgung Baharuddin Lopa
(elz/bar)