JK Nobar Debat Capres: Pak Jokowi dan Maruf Sudah Pengalaman

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 17 Jan 2019 21:01 WIB
Wapres Jusuf Kalla nobar debat capres di rumah dinas (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan nonton bareng di Rumah dinas, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. JK menyakini capres Jokowi dan cawapres Ma'ruf Amin siap menghadapi debat perdana Pilpres 2019.

"Yang soal dikasih 20 pertanyaan, yang akan dipilih lima. Jadi kayak bimbingan belajarlah. Ya pasti lebih siap, mencegah adanya katakanlah sering nyinyir apa, pertanyaannya juga, jangan ada kelihatan tidak paham," ujar JK kepada wartawan di Rumah dinas, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (17/1/2019).



Menurut JK, Ma'ruf Amin juga sudah berpengalaman karena dua kali menjadi anggota DPR. Sehingga JK tidak meragukan Ma'ruf dalam berdebat pilpres.

"Pak Maruf itu orang yang berpengalaman dia pernah jadi dua kali anggota DPR, jadi saya kira yang begini tidak asing ya," jelas dia.



Selain itu, dia juga menilai Jokowi sudah berpengalaman dalam debat pilpres. JK saat itu pernah menjadi pasangan Jokowi di pilpres 2014 lalu.

"Tenang saja bapak kan dua sudah pengalaman. Pak Jokowi sudah pengalaman lima tahun lalu, pak Ma'ruf kan sudah di DPR," tutur dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan pertanyaan yang menyangkut personal sangat tidak mudah dinilai. Menurut dia, pertanyaan yang disampaikan pasangan calon bisa beragam.

"(Pertanyaan) soal personal dan tidak, itu kan tipis persoalan. Kalau persoalan pribadi bagaimana kehidupan kan tidak, tapi apa yang dilakukan, pandangannya dia, itu kan bukan persoalan personal," jelas JK. (fai/idn)