DetikNews
Kamis 17 Januari 2019, 12:32 WIB

Kepala BNPT Beri Masukan ke Jokowi Jelang Debat Capres

Yulida Medistiara - detikNews
Kepala BNPT Beri Masukan ke Jokowi Jelang Debat Capres Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius (Foto: dok. BNPT)
Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius sudah memberikan masukan kepada Jokowi soal penanganan terorisme terkait debat Pilpres 2019.

"Kita sudah beri masukan apa yang kita kerjakan selama ini sudah beri masukan," ujar Suhardi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Salah satu masukan yang diberikan adalah upaya penanggulangan terorisme lewat soft approach, seperti deradikalisasi. Menurutnya, metode pendekatan ini diapresiasi dunia internasional.






"Bahkan kita menjadi role model, Indonesia menjadi role model pasca-speech Bapak Presiden di Riyadh di Arab Islamic American Summit tahun 2017 itu menginspirasi dunia, bahwa pendekatan tidak hanya pendekatan tunggal bisa hard approach, tapi juga soft power. Nah soft power approach itulah yang mengemuka di Indonesia dan menjadi role model," papar Suhardi.

"Itu beliau sudah menguasai karena itu speech beliau. Memang kami yang siapkan, tapi betul-betul speech beliau kebijakan yang sudah dikembangkan selama ini program deradikalisasi, termasuk kontranya," ujarnya.





Selain itu, BNPT sudah menyiapkan program kontra-radikalisasi. Jadi masyarakat yang belum terpapar radikalisasi memiliki daya tahan terhadap globalisasi, terutama di bidang informasi digital.

"Contohnya anak muda kita yang jadi sasaran brainwashing karena mereka dalam proses mencari jati diri tapi emosi tidak stabil. Mudah dipengaruhi. Kita mengkreasikan merekrut itu puluhan, bahkan ratusan, anak muda dari seluruh provinsi Indonesia itu menjadi duta damai. Tugasnya apa, mendesiminasi paham-paham antiradikal dan paham kedamaian dengan bahasa milenial, itu perintah," ujarnya.



Saksikan juga video 'Soal Persiapan Debat, Jokowi: Mantul!':

[Gambas:Video 20detik]



Kepala BNPT Beri Masukan ke Jokowi Jelang Debat Capres



(yld/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed