Batal Digelar Hari Ini, Tes Baca Alquran Disesuaikan Jadwal Capres

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 15 Jan 2019 15:28 WIB
Ikatan Dai Aceh (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Ikatan Dai Aceh (IDA) batal menggelar tes baca Alquran untuk capres-cawapres hari ini. Jika nantinya kedua kubu menyanggupi datang, pergelaran tes baca Alquran akan disesuaikan dengan jadwal kedua paslon, yakni Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Dari awal kami sampaikan bahwa jadwal ini masih tentatif masih kemungkinan bisa berubah," ujar Ketua IDA Tgk Marsyuddin Ishak di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

"Karena kami sadar betul apa kesibukan Pak Jokowi, Kiai Ma'ruf, Pak Prabowo, sama Bang Sandi. Jadi ya kita tunggu aja. Terkait waktu, kalaupun memang jadi ikut, waktunya kita sesuaikan," imbuh dia.


Tes baca Alquran untuk capres-cawapres ini sebelumnya direncanakan digelar hari ini di Aceh. Namun, mengingat kedua paslon belum secara resmi menjawab undangan yang dilayangkan IDA itu, tes baca Alquran pun ditunda.

Marsyuddin mengatakan pihaknya memahami kesibukan yang dimiliki kedua paslon. Oleh sebab itu, pelaksanaan tes baca Alquran akan disesuaikan setelah pihaknya menerima jawaban resmi dari tim Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga.

"Kita tidak memberikan tenggat waktu. Insyaallah di bulan Januari ini. Kita masih menunggu perkembangannya nanti kita lihat setelahnya," kata Marsyuddin.


IDA sendiri sebelumnya telah secara langsung menagih jawaban dari kedua kubu soal undangan tes baca Alquran di Aceh. Namun, hingga saat ini, belum ada surat atau jawaban resmi dari keduanya terkait tes tersebut.

Meski begitu, secara lisan Tim Kampanye Nasional (TKN) menyatakan kesanggupan Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk datang. Sedangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan hanya akan datang jika ada kewajiban dari KPU berkaitan dengan acara itu.


Saksikan juga video 'Jokowi-Ma'ruf Siap Terima Tantangan Tes Baca Alquran':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/fjp)