Titi Wati Bukan Wanita 350 Kg

Titi Wati Bukan Wanita 350 Kg

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jan 2019 06:20 WIB
Evakuasi Titi Wati (Foto: Istimewa)
Evakuasi Titi Wati (Foto: Istimewa)
Palangka Raya - Fakta baru terungkap setelah Titi Wati (37), wanita di Kalimantan Tengah, dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi. Titi ternyata memiliki massa tubuh 220 kilogram, jauh dari prediksi sebelumnya, yaitu 350 kilogram.

Hal ini terungkap setelah tim dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dr Doris Sylvanus, menimbang berat badan Titi. Butuh 20 orang untuk melakukan penimbangan tersebut.


"Dari 16 dokter yang dilibatkan nantinya, enam orang dari Kota Bali, sedangkan sisanya dari RSUD dr Doris Sylvanus Palangkaraya. Tim untuk mengoperasi telah dibentuk," kata Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Theodorus Sapta Atmadja, di Palangkaraya, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (14/1).

Titi, yang menderita obesitas, diketahui sudah tidak mampu berjalan. Proses evakuasi Titi dari rumahnya menuju RSUD pun berlangsung dramatis. Petugas sampai harus menjebol jendela rumah Titi.


"Sebanyak enam orang tim dokter yang dari Bali apabila semuanya sudah siap, mereka akan langsung datang dan siap melakukan pembedahan atau operasi mengenai permasalahan yang dialami perempuan berumur 37 tahun tersebut," tambahnya.

Kasus yang dialami Titi Wati tidak terjadi secara instan. Apalagi, di usia awal 20 tahun, Titi Wati sempat terlihat kurus. Hal itu tampak dari sebuah foto yang ia tunjukkan.

Titi Wati di usia 21 tahun.Titi Wati ketika berusia 21 tahun. (Foto: Istimewa)

"Menjadi gemuk tidak ada yang instan. Tidak ada orang yang tiba-tiba gemuk dalam hitungan hari atau minggu. Jadi orang gemuk itu sedikit demi sedikit tanpa dia sadari. Kasus (Titi Wati) ini sudah bukan lagi masalah diet, tapi sudah gangguan organ dan memang harus ditangani secara medis," kata ahli gizi Dr Rita Ramayulis DCN MKes.



Simak video saat '2 Jendela Dijebol, 20 Petugas Tandu Evakuasi Wanita 350 Kg':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/zap)