DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 17:06 WIB

Tim Gabungan Novel Dikritik Gerindra, TKN: Tak Ada Intervensi Politik

Tsarina Maharani - detikNews
Tim Gabungan Novel Dikritik Gerindra, TKN: Tak Ada Intervensi Politik Ace Hasan Syadzily (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tim gabungan penyidik kasus Novel Baswedan dikritik Gerindra lantaran dinilai hanya demi kepentingan debat capres-cawapres. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengatakan pembentukan tim itu semata-mata demi mempercepat penyelesaian kasus Novel.

"Kami ingin kasus ini selesai secepatnya. Proses penyelesaiannya dilakukan secara terbuka dan transparan dengan mengedepankan aspek penegakan hukum tanpa adanya intervensi politik," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Sabtu (12/1/2019).


Menurut Ace, tim gabungan ini merupakan wujud keseriusan sang capres dalam kasus teror terhadap Novel. Karena itu, lanjut Ace, tim itu terdiri dari berbagai unsur selain kepolisian.

"Satgas kasus Novel Baswedan sebagai bentuk keseriusan Pak Jokowi untuk menyelesaikan dalam menyelesaikan kasus ini. Dalam satgas ini, Presiden Jokowi ingin kasus ini segera diselesaikan secara tuntas dengan melibatkan termasuk di dalamnya juga pegiat HAM," ujarnya.


Menurut Gerindra, tim gabungan kasus Novel Baswedan sengaja dibentuk demi kepentingan Jokowi dalam menghadapi debat capres-cawapres pada 17 Januari 2019. Diketahui, salah satu tema debat perdana adalah hukum.

Ace tak menampik pembentukan tim tersebut dilakukan Polri menjelang debat capres-cawapres. Ia pun meminta polisi hati-hati agar kasus Novel tak dipolitisasi.


"Soal waktu, secara kebetulan berdekatan menjelang debat. Dalam penyelesaian kasus ini, memang kita harus hati-hati. Karena itu, penting sekali melibatkan pihak-pihak di luar kepolisian agar tidak menimbulkan penafsiran politik atas kasus yang dialami Novel Baswedan. Karena kasus ini juga dijadikan sebagai komoditas politik," tutur Ace.


Tonton juga video 'Teror dan Ancaman Masih Menghantui Novel Baswedan':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed