DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 14:41 WIB

DPR-KPU Sepakati PKPU Pemungutan dan Penghitungan Suara

Tsarina Maharani - detikNews
DPR-KPU Sepakati PKPU Pemungutan dan Penghitungan Suara Rapat Komisi II DPR (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR hari ini menggelar rapat bersama KPU dan Bawaslu. Rapat menyepakati Peraturan KPU (PKPU) tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Rapat digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Wakil Ketua Komisi II dari F-PKB, Nihayatul Wafiroh (Ninik), memimpin rapat.

Kesimpulan rapat dibacakan setelah sejumlah anggota fraksi Komisi II menyampaikan pendapat. PKPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara itu disepakati kesepuluh fraksi.


"Pada dasarnya ya, kita semua serahkan ke KPU. Mudah-mudahan KPU bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Pada intinya kami setuju," kata anggota F-Golkar, Dadang S Muchtar.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi II F-Gerindra, Ahmad Riza Patria. Dia mempercayakan penyelenggaraan pemilu sepenuhnya kepada KPU.

"Saya kira saya sama seperti yang teman-teman sudah rapat bagaimana diupayakan dengan cara yang baik. Kami memahami posisi KPU dan pemerintah, tapi juga kami harap KPU-Bawaslu memahami posisi kami sebagai parpol," kata Riza.


Di akhir rapat, Ninik membacakan keputusan rapat. Ada dua butir keputusan yang dihasilkan dalam rapat bersama KPU-Bawaslu.

"Komisi II DPR menyetujui rancangan PKPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam pemilihan umum," ujar Ninik.

"Komisi II DPR menyetujui rancangan Peraturan Bawaslu tentang Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam pemilihan umum," tutupnya.


Saksikan juga video 'Margarito Sebut PKPU Harusnya Juga Batasi Pemfitnah untuk Nyaleg':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed