Sejarawan Bonnie Triyana Keberatan Bukunya Disita TNI

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Kamis, 10 Jan 2019 14:02 WIB
Bonnie Triyana (kiri, berbatik) bersama Megawati dan Try Sutrisno saat peluncuran bukunya. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Buku 'Mengincar Bung Besar' yang ditulis oleh Tim Majalah Historia turut disita oleh aparat gabungan TNI dan Kejaksaan Padang karena dianggap bermuatan komunisme. Sejarawan Bonnie Triyana yang merupakan Ketua Tim Penulis buku itu keberatan dengan langkah aparat.

"Aku keberatan," kata Bonnie saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (10/1/2019).



Buku tersebut berisi kumpulan tulisan-tulisan tentang upaya-upaya pembunuhan terhadap Presiden pertama RI Sukarno. Buku itu salah satu dari tiga seri buku Majalah Historia.

Dua buku lainnya dalam serial itu yakni 'Ho Chi Minh & Sukarno' dan 'Kennedy & Sukarno'. Kedua buku itu menggambarkan bagaimana Sukarno bersahabat dengan semua tokoh, baik tokoh kiri maupun kanan.

"Dalam buku upaya membunuh Bung Karno kita mau menjelaskan orang berkawan kanan kiri masih juga mau dibunuh," ujar Bonnie.

Peluncuran buku tersebut dihadiri oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri dan mantan Wapres Jenderal (purn) Try Sutrisno. Bonnie meminta TNI menjelaskan alasan penyitaan buku-buku tersebut.

"Harusnya TNI kasih keterangan itu gimana itu, peluncuran bukunya saja yang menghadiri purnawirawan Jenderal TNI, masa bukunya disita dengan tuduhan komunisme?" ungkap Bonnie.



Bagi Bonnie, sejarah sangat kompleks sehingga tak bisa dilihat hanya 'hitam' atau 'putih'. Bonnie mengaku malu ketika aparat penegak hukum justru melakukan penyitaan tanpa melakukan kajian.

"Kita sebagai rakyat Indonesia malu jadinya dong, dan menurut saya jangan jangan-jangan kita lagi kena wabah anti-intelektual, kecuali buku yang disita mengandung hasutan kebencian," ungkap Pemimpin Redaksi Majalah Historia itu.

Ketimbang buku, menurut Bonnie, dunia internet bisa menyajikan berbagai paham lebih bebas. Selain itu buku-buku juga banyak yang versi digital dan bisa didapatkan di internet. (bag/tor)