Kemensos Kucurkan Rp 631 Miliar untuk Penanganan Bencana Banten-NTB

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 09 Jan 2019 16:26 WIB
Pengungsi korban gemba di NTB (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) mengucurkan dana Rp 631 miliar untuk penanganan bencana di NTB hingga Banten. Terbanyak dikucurkan untuk daerah NTB yakni senilai Rp 456,58 miliar.

"Sulteng Rp 151,5 miliar. Kalau NTB Rp 456,6 miliar, dan Banten serta Lampung Rp 23 miliar. Total Rp 631 miliar," kata Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Harry Hikmat usai rapat penanganan bencana di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Rabu (9/1/2019).

Kucuran dana tersebut di antaranya untuk santunan ahli waris, jaminan hidup, dan perabotan hunian tetap yang mengalami kerusakan.

"Itu untuk santunan ahli waris, jaminan hidup, ada juga isian hunian tetap," ujar Harry.



Khusus untuk mengisi perabotan hunian di Rajabasa, Lampung, Kemensos menganggarkan Rp 3 juta untuk setiap rumah.

"Kita kasih Rp 3 juta dan mereka bisa membeli sendiri kebutuhan perlengkapan rumah. Terutama rumah rusak berat. Mereka kan kehilangan. Nah itu mereka bisa belikan kasur, belikan mebel," tutur Harry.

"Bisa belikan perlengkapan dapur. Apapun yang mereka butuhkan lah, termasuk kursi meja. Pengalaman terdahulu itu sangat membantu," imbuhnya.



Harry menambahkan, warga di Rajabasa banyak yang menginginkan pindah rumah ke daratan lebih atas.

"Tapi itu butuh kajian nanti sampai berapa radius yang harus kita kosongkan. Ini sedang dikaji oleh pihak terkait seperti kajian BMKG, BKG, Badan Geologi, itu kan harus dilihat dulu," tambahnya. (rna/rvk)