DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 14:13 WIB

Kala Menlu Retno Ditanya Milenial: Jokowi Peduli Politik Luar Negeri Nggak?

Roland - detikNews
Kala Menlu Retno Ditanya Milenial: Jokowi Peduli Politik Luar Negeri Nggak? Menlu Retno saat pertemuan dengan para milenial di Kantor Kementerian Luar Negeri (Foto: Roland/detikcom)
Jakarta - Sejumlah agenda resmi internasional selama ini lebih sering dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dibanding Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan, di antaranya di benak seorang milenial.

Milenial tersebut kemudian bertanya kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi apakah ketidakhadiran Jokowi tersebut berarti Presiden tidak peduli dengan politik luar negeri. Dengan tegas, Retno menepisnya.

"Kalau ada yang bilang Pak Presiden nggak peduli dengan politik luar negeri, itu salah dan salah besar sekali," jawab Retno di acara 'The Millennials Meet and Greet with Foreign Minister' di Kantin Diplomasi, Kementrian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).


"Karena apa? Bagaimana mungkin kalau Presiden tidak peduli terhadap politik luar negeri and then kita melakukan kampanye yang begitu besar untuk DK (Dewan Keamanan)," imbuhnya.

Retno menjelaskan, pencalonan untuk Dewan Keamaan Tidak Tetap PBB memang sudah jauh-jauh hari. Namun tetap dalam prosesnya harus ada komunikasi dengan Presiden.

"Memang pencalonan sudah jauh jauh sebelumnya, tetapi kalau Presiden (tidak peduli), saya bicara dengan kepala negara lain beliau (Presiden) menyampaikan mengenai 'Saya sedang merangkul DK, kamu tolong untuk dukung kita'," tutur Retno.


"Terus kemudian kalau mengenai Palestina, itu kalau ada kejadian di Palestina, pasti Presiden telepon, 'Bu Menlu, ada peristiwa begini, begini, begini, kita harus menyampaikan statement mengenai masalah Palestina'," bebernya.

Agenda internasional tak dihadiri Jokowi di antaranya Sidang Umum tahunan PBB yang selama ini selalu dihadiri Wapres JK, serta terakhir adalah pertemuan G-20 di Argentina yang juga dihadiri Wapres JK.


Saksikan juga video 'Blak-blakan Menlu Retno, Kiprah RI Damaikan Dunia':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed