DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 11:42 WIB

Ada Usulan Igo dan Irwansyah Jadi Wagub, PKS: Sudah Fix 3 Nama

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ada Usulan Igo dan Irwansyah Jadi Wagub, PKS: Sudah Fix 3 Nama Balai Kota DKI Jakarta (Niken Purnamasari/detikcom)
Jakarta - Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) memunculkan dua nama kader PKS, Igo Ilham dan Muhammad Irwansyah, sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Terkait usul itu, PKS mengatakan sudah ada tiga nama cawagub yang ditetapkan.

"Kalau nama insyaallah sudah definitif. Tiga itu, Pak Agung, Ahmad Syaikhu, sama Suhaimi insyaallah, sudah fix ya," kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo saat dihubungi, Selasa (8/1/2019).


Syakir mengatakan penetapan tiga nama tersebut merupakan arahan dari DPP. Dia memastikan hingga saat ini tidak ada perubahan terkait tiga nama tersebut.

"Insyaallah sampai saat ini, sampai perubahan terakhir itu, tidak ada perubahan lagi. Karena kan juga sebenarnya nama yang muncul juga kita mengakomodir masukan-masukan yang ada," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengatakan nama Igo dan Irwansyah muncul untuk bisa dipertimbangkan. Keduanya dinilai punya pengalaman dan kapabilitas.


"Dua nama baru itu muncul karena dicitrakan oleh panelis punya pengalaman dan kapabilitas. Igo Ilham anggota DPRD Jakarta dan Muhammad Irwansyah yang memiliki rekam jejak seperti Ahmad Syaikhu, pernah menjadi calon wakil gubernur. Hanya, Irwansyah adalah cawagub Sumatera Selatan dan Wali Kota Pangkalpinang. Sementara Syaikhu, cawagub Jawa Barat dan Wakil Wali Kota Bekasi," kata Kunto, Senin (7/1).

Tiga nama yang diusulkan PKS masih akan diproses tim seleksi untuk menjalani fit and propers test. PKS menunjuk eks Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasodjo serta pengamat politik Ubedilah Badrun sebagai anggota tim fit and proper test.

Sedangkan Gerindra menunjuk Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Syarif dan peneliti LIPI Siti Zuhro sebagai anggota tim fit and proper test. Proses fit and proper test diharapkan selesai akhir bulan ini.


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan proses penentuan cawagub ke Gerindra dan PKS. Dengan tiga calon, menurutnya, akan lebih mudah mengerucutkan ke dua nama.

Anies berharap proses fit and proper test dimulai Januari ini.Dia hanya berharap wagub terpilih nantinya tak membawa agenda sendiri.

"Besok ketika bertugas, tidak bawa agenda sendiri, tapi mengikuti agenda yang sudah ditetapkan oleh gubernur dan ada di RPJMD kita," kata Anies di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (3/1).



Saksikan juga video 'PKS Setor Tiga Cawagub DKI, Anies: Baru Tahu Saya':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed