Soal Kisi-kisi Pertanyaan Debat, Ma'ruf Amin: Lebih Mudah Dibanding Tak Ada

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 07 Jan 2019 00:22 WIB
Ma'ruf Amin (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti-detikcom)
Jakarta - KPU akan memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada para capres dan cawapres sebelum debat perdana. Cawapres Ma'ruf Amin menilai adanya kisi-kisi tersebut lebih memudahkan, daripada tidak ada sama sekali.

"Dimudahkan juga tidak, sebab kan nanti pertanyannya banyak, siapa yang untuk kita, yang mana untuk pasangan yang lain, kita juga belum tahu," kata Ma'ruf kepada wartawan, di Rumah Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2019).


"Cuma memang lebih mudah dibanding tidak ada sama sekali tapi juga tidak terlalu mudah karena belum ini pertanyaan untuk paslon 01 ini (nomor) 1, 2, 3. Tidak begitu," tuturnya.

Ma'ruf mengungkapkan, pertemuan dengan capres Joko Widodo (Jokowi) menjadi lebih sering jelang debat perdana.

"Pasti lah (lebih sering). Khususnya tentu ketika perdebatan itu paslon ada 2 kali. Saya kira itu acara debat yang diikuti pasangan capres dan cawapres tentu 2 kali itu harus kita sering bertemu intensif," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf juga menyebut akan menggelar simulasi debat bersama Jokowi. Simulasi debat itu dilakukan sebelum menghadapi debat perdana capres-cawapres.

"Kita akan melakukan simulasi juga (bersama Jokowi), pendalaman juga," ucap Ketum MUI nonaktif itu.


KPU memutuskan daftar pertanyaan dalam debat Pilpres 2019 nanti bakal diberitahukan ke capres-cawapres, untuk selanjutnya diundi lagi mana pertanyaan yang bakal dikemukakan di forum debat. Metode 'bocoran' pertanyaan dalam debat seperti ini menuai kontroversi.

Debat capres-cawapres pertama akan mengusung tema 'Hukum, HAM, dan Terorisme', digelar pada 17 Januari. Namun sekitar sepekan sebelumnya, daftar pertanyaan akan diberitahukan ke capres-cawapres, dalam hal ini pihak Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.



Saksikan juga video 'Gerindra: Kubu Jokowi-Maruf Takut Debat':

[Gambas:Video 20detik]



Soal Kisi-kisi Pertanyaan Debat, Ma'ruf Amin: Lebih Mudah Dibanding Tak Ada


(rna/fai)