Ini Kemampuan Pasukan Perang Hutan yang Disiapkan Kejar Ali Kalora

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 05 Jan 2019 07:05 WIB
Foto: Mabes Polri merilis foto Ali Kalora dan pengikutnya (Audrey Santoso-detikcom)
Jakarta - TNI-Polri telah menyiapkan pasukan perang hutan untuk dikirimkan ke Sulawesi Tengah (Sulteng). Pasukan ini akan bergabung dengan Satgasda Tinombala untuk memburu anak buah Santoso alias Abu Wardah yaitu Ali Kalora.

"Pasukan perang hutan adalah pasukan yang memiliki kualifikasi jungle warfare, itu seperti Brimob. Untuk Angkatan Darat kostrad kualifikasinya juga memiliki kualifikasi pemburu, dan Kopassus juga pemburu serta gerilya dan antigerilya," jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom, Sabtu (5/1/2019).


Selain memiliki kualifikasi tersebut, pasukan perang hutan juga akan diperkuat tim siber atau tim IT yang bertugas melacak dan memutus komunikasi antara kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora dengan simpatisannya.

"Kami betul-betul ingin memblokir arus pembicaraan. Kami akan putus jalur logistik dan komunikasi kelompok Ali Kalora dengan simpatisannya, yang kemungkinan ada di perkampungan-perkampungan warga," tutur Dedi.


Ali Kalora Cs sebelumnya muncul dan berulah di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong pada Senin (31/12/2018). Mereka menembaki dua polisi yaitu Bripka Andrew Maha Putra dan Bripda Baso yang tengah mengevakuasi tubuh seorang penambang, korban pembunuhan.

Kasus pembunuhan sendiri diketahui warga pada Minggu (30/12/2018). Warga menemukan kepala manusia terpenggal dan diletakan di jembatan desa.


Polisi sudah memastikan korban pembunuhan disertai mutilasi itu berinisial RB alias A (34). Dia diduga kuat dibunuh Ali Kalora Cs. Hingga kini perburuan terhadap Ali Kalora terus dilakukan, terutama di Poso dan Parigi Moutong.



Saksikan juga video 'Ketika Santoso Tumbang, Satgas Tinombala Kini Bidik Basri dan Ali Kalora':

[Gambas:Video 20detik]

Ini Kemampuan Pasukan Perang Hutan yang Disiapkan Kejar Ali Kalora



(aud/aud)