Anies: Pergub Pembatasan Plastik Masih Dibereskan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kamis, 03 Jan 2019 10:03 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Muhammad Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pembatasan Plastik masih harus disempurnakan. Anies menunggu revisi selesai sebelum mengesahkan pergub.

"Nanti dikoreksi Pak Isnawa (Kepala Dinas Lingkungan Hidup). Bukan disahkan, itu isinya yang harus dibereskan dulu," kata Anies di Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis (3/1/2019).

Anies tidak ingin Pergub Pembatasan Plastik membawa masalah baru. Dia ingin mempersiapkan bahan substitusi untuk menggantikan plastik sekali pakai.


"Jadi ini tidak sesederhana melarang. Ini bagaimana mengatur agar ada proses substitusi yang baik, menyiapkan agar bahan-bahan substitutifnya sudah siap," jelas dia.

Anies meyakini pembatasan plastik akan berdampak pada masyarakat. Tapi dia tak ingin pergub merepotkan masyarakat banyak.

"Tidak bisa sekadar tanda tangan dilarang. Memang kemudian sensasional, Jakarta melarang, ramai tuh. Tapi di masyarakat, ibu rumah tangga akan kesulitan bila kita tidak mulai menyiapkan substitusinya," paparnya.



Saksikan juga vdeo 'Menteri Susi Ajak Semua Pihak Kurangi Sampah Plastik':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/fdn)