detikNews
Rabu 02 Januari 2019, 11:27 WIB

Andi Arief: Doni Monardo Bintang 3 Berprestasi, Jangan Dipermalukan

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Andi Arief: Doni Monardo Bintang 3 Berprestasi, Jangan Dipermalukan Andi Arief (Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Letjen Doni Monardo batal dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pagi ini. Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief menyayangkan pembatalan pelantikan tersebut.

"Untuk jenderal bintang 3 aktif untuk mencapainya itu tidak mudah. Banyak prestasi yang dicapai. Tidak boleh dipermalukan. Undangan sudah menyebar, tapi tiba-tiba dibatalkan. Itu kan namanya dipermalukan. Malu dengan keluarga, malu dengan kesatuan, malu dengan khalayak," kata Andi dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (2/1/2019).


Andi menegaskan Doni merupakan prajurit TNI yang sangat berprestasi. Dia mengaku tak bisa membayangkan bagaimana perasaan Doni saat tahu pelantikannya sebagai BNPB-1 ditunda.

"Bayangkan ratusan, bahkan ribuan mungkin, yang sudah ucapkan selamat, bagaimana perasaan tiba-tiba batal," ucap Andi.


Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam era presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu lantas mengungkit prestasi Letjen Doni Monardo.

"Yang saya dengar, selain operasi pembebasan kapal sunan kudus (Sinar Kudus), dia berhasil dalam operasi militer di Aceh, Timor Timur. Dia terkenal dengan tidak melanggar HAM," sebut Andi.

Untuk diketahui, informasi soal pelantikan Kepala BNPB yang baru itu sebelumnya beredar melalui undangan yang tersebar di WhatsApp. Rencana pelantikan itu kemudian dibenarkan oleh Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Pelantikan akan digelar pada pukul 09.00 WIB.

Stafsus Presiden Johan Budi SP-lah yang pertama kali mengonfirmasikan bahwa pria yang pernah menjabat Danpaspampres di era Presiden SBY itu merupakan orang yang akan dilantik menjadi 'BNPB-1'. Johan menyampaikan Doni akan menggantikan Willem Rampangilei, yang telah menjabat Kepala BNPB sejak 2015. Sekitar dua jam kemudian, atau pukul 21.00 WIB, Istana meralat informasi mengenai pelantikan Doni. Istana menyampaikan pelantikan tersebut ditunda. Pelantikan Doni sebagai Kepala BNPB yang baru akan dilakukan di lain hari.
(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed