detikNews
Jumat 28 Desember 2018, 16:32 WIB

Ma'ruf Amin: Ulama Besar Al Azhar Mesir Tak Larang Ucapan Natal

Faiq Hidayat - detikNews
Maruf Amin: Ulama Besar Al Azhar Mesir Tak Larang Ucapan Natal Foto: Ma'ruf Amin di Bogor (Farhan-detikcom)
Jakarta - Video cawapres Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Natal beredar di media soal menuai kritik. Ma'ruf membenarkan video tersebut karena tidak ada larangan mengucapkan selamat Natal dari MUI.

"Ucapin Natal ya memang tidak ada larangan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia)," kata Ma'ruf Amin usai bertemu Jokowi di Rumah Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).


Dalam video yang beredar, Ma'ruf memakai peci hitam dan selendang putih menyampaikan ucapan selemat Natal dan tahun baru. Logo dengan nomor 01 dan tulisan 'Jokowi Amin Indonesia Maju' juga tercantum di video berdurasi 21 detik itu.

Ma'ruf menyebut ulama besar seperti Al-Azhar di Mesir juga membolehkan mengucapkan selamat Natal. Ucapan selamat Natal tidak menjadi masalah.

"Ulama Al Azhar membolehkan, Syaikh Ali Jumuah di Al Azhar, Doktor Profesor Shaikh Yusuf, ulama besar memperbolehkan. Tidak ada masalah boleh mengucapkan, boleh tidak mengucapkan," ucap Ma'ruf.

Sebelumnya, Timses Prabowo-Sandiaga menyebut tidak masalah Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Natal. Meskipun sebelumnya Ma'ruf tidak pernah mengucapkan selamat Natal.

"Kita tidak mempermasalahkan Kiai Ma'ruf Amin yang biasa menolak ucapkan Natal, sekarang ucapkan perayaan Natal, nggak ada itu kami serang personal Kiai Ma'ruf," kata jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Kamis (27/12).


Andre mengatakan Ketum MUI nonaktif tersebut tidak pernah mengucapkan perayaan Natal. Namun, saat menjadi cawapres, dia memberikan ucapan Natal. Namun pihaknya tidak pernah menyerang personal Ma'ruf yang viral mengucapkan perayaan Natal.

"Kiai Ma'ruf dulu nggak pernah ucapkan Natal, tiba-tiba setelah jadi cawapres mengucapkan (Natal). Ini ada nggak, kami serang Kiai Ma'ruf?" ujar Andre.



Tonton juga video 'Video Lengkap Ucapan Natal Tahun Baru Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed