DetikNews
Jumat 28 Desember 2018, 15:42 WIB

Pemprov Sultra Hibahkan 5 Ha Tanah untuk Bangun Lapas Perempuan

Tim detikcom - detikNews
Pemprov Sultra Hibahkan 5 Ha Tanah untuk Bangun Lapas Perempuan Ilustrasi (dok.detikcom)
Kendari - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung pembangunan Lapas Perempuan dan Anak. Komitmen itu ditandai dengan menghibahkan lahan seluas 5 hektare di kawasan Nanga Nanga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra, Muslim di Kendari, Jumat, mengatakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM akan memulai pekerjaan fisik pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan dan Anak tahun 2019.

"Pembangunan Lapas Perempuan dan Anak diusulkan sejak beberapa tahun lalu namun akan direalisasikan tahun 2019," kata Muslim sebagimana dilansir Antara, Jumat (28/12/2018).

Kemenkumham Sultra mengusulkan pengadaan Lapas Perempuan dan Anak mengingat narapidana dan tahanan perempuan serta meningkat signifikan. Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran pembangunan Lapas Perempuan sebesar Rp 25 miliar sedangkan anggaran pembangunan Lapas Pembinaan Anak sebsar Rp 20 miliar.

Meskipun tidak merinci narapidana maupun tahanan perempuan dan anak, Muslim mengakui dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan, baik kasus narkoba, penipuan, pencurian hingga penganiayaan.

Pengamat sosial Samsuddin mengatakan pertambahan jumlah binaan dari kalangan perempuan dan anak setiap tahun patut menjadi perhatian karena menggambarkan buruknya pembinaan mental mereka.

"Beragam faktor penyebab perempauan dan anak terlibat kasus hukum, antara lain, kesenjangan ekonomi, lemahnya pembinaan mental dan tidak peduli pendidikan," katanya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed