DetikNews
Kamis 27 Desember 2018, 13:01 WIB

Kaleidoskop 2018

Mandi Uang Abu Tours, Mandi Air Mata Ribuan Calon Jemaah Umrah

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Mandi Uang Abu Tours, Mandi Air Mata Ribuan Calon Jemaah Umrah Foto: Para tersangka Abu Tours (m bakrie/detikcom)
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Makassar - Mimpi berziarah ke tanah suci Mekah, Arab Saudi adalah impian semua orang umat muslim di seluruh dunia. Namun impian melihat dan memegang Kakbah puluhan ribu orang dirampas oleh agen perjalanan umrah Abu Tours.

Berdasarkan catatan detikcom, Kamis (27/12/2018), kasus penipuan dan pencucian uang jemaah umrah Abu Tours disebut sebagai salah satu penipuan berkedok umrah terbesar di dunia. Pendiri dan pemilik Abu Tours ini adalah Hamzah Mamba. Dalam praktiknya, Hamzah Mamba mengobral paket perjalanan murah untuk berumrah dengan fasilitas mewah.


Siapa yang tidak tergiur dengan paket umrah Rp 15 juta? Saat agen-agen perjalanan umrah lainnya mematok harga tinggi, Hamzah Mamba menawarkannya dengan harga murah.

Sejak terungkapnya kasus penipuan First Travel, Hamzah meyakinkan para pelanggannya bahwa mereka berbeda dengan agen perjalanan umrah itu.

"Kalau First Travel tidak jelas. Bulan berapa (berangkatnya)," kata Hamzah kala itu.

Hamzah sesumbar bila travel yang ditawarkan tidak mungkin bisa menjadi First Travel kedua. Sebab, sistem yang ada di Abu Tours lebih ketat dan jadwal keberangkatan lebih pasti.

"Jemaah memilih bulan, kami yang tentukan tanggalnya, sesuai dengan schedule. Sehingga tidak ada kesalahan bagi kami," ujarnya.

Seorang agen Abu Tours, Syariftami (46) membeberkan bagaimana keuntungan Abu Tours didapatkan dengan memperdagangkan paket-paket umrah murah kepada para agen. Dia mengatakan bahwa untuk menjadi member di Abu Tours, dirinya harus menyetor uang pendaftaran sebesar Rp 10 juta. Dia diiming-imingi akan mendapatkan keuntungan pada tahun kelima, bisa mendapatkan hadiah gratis umrah.

Tidak hanya itu, keuntungan lainnya adalah Syarifatmi sempat mendapatkan televisi, handphone dan perjalanan liburan ke Dubai dan Thailand.

Hingga pada pertengahan 2017, proses pemberangkatan jemaah mulai tersandat. Puluhan ribu jemaah yang tersebar di seluruh Indonesia mulai gelisah tak kunjung berangkat melihat langsung kota suci Mekkah. Atas banyaknya laporan ini, pihak kepolisian pun mengambil bertindak cepat melakukan pengusutan.

Pihak Polisi lalu mulai menyelidiki aset-aset milik Hamzah Mamba, tak hanya di Makassar, tapi 15 Kota besar di Indonesia dijadikan Abu Hamzah sebagai tempat penyimpangan aset, baik aset bergerak maupun tidak bergerak.

Kota-kota itu adalah Jakarta, Palembang, hingga Kendari. Polisi juga menyebut dana Rp 1,2 triliun milik jemaah umrah telah raib. Dari serangkaian penyitaan yang dilakukan, terkumpul nilai Rp 200 miliar dan jumlah ini jauh lebih kecil dari total kerugian jemaah.


Dari penyelidikan ini, penegak hukum lalu menetapkan Komisaris PT Abu Tours and Travel, Khairuddin, CEO PT Abu Tours, Hamzah Mamba, istri CEO Abu Tours Nursyariah Mansyur, dan mantan Manajer Keuangan Abu Tours, M. Kasim sebagai tersangka.

Kepala Bidang Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Provinsi Sulsel Kaswad Sartono, mengatakan salah satu penyebab gagalnya Abu Tours adalah program promo umrah yang terlalu murah dan berlebihan. Dia mengatakan hal ini 'bom waktu' pada masalah keuangan Abu Tours.

Berdasarkan investasi tim Kemenag Pusat 2018, disebutkan bahwa hingga awal tahun ini, sekitar 86 ribu jemaah Abu Tours belum diberangkatkan.

Yang mencengangkan, keuangan Abu Tours di awal tahun itu ternyata hanya mampu memberangkat 27 jemaah!

Pada persidangan dengan agenda penuntutan, jaksa menyebut Hamzah Mamba menggunakan uang nasabahnya sebesar Rp 1,2 triliun untuk kepentingan pribadi. Uang-uang itu dibelanjakan Hamzah Mamba untuk membangun restoran, membeli kendaraan mewah, membel rumah dan apartemen, termasuk mendirikan media cetak serta usaha percetakan dan rental mobil.

Jaksa lalu menuntut para terdakwa dengan Pasal Penipuan, Pasal Penggelapan dan UU Pencucian Uang. Hingga kini, sidang Hamzah Mamba masih digelar di PN Makassar.



Saksikan juga video 'Jerit Tangis Prabowo Perjuangkan Nasib Jemaah Korban Abu Tours':

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/asp)
FOKUS BERITA: Abu Tours Cuci Rp 1,2 T
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed