PUPR Perbaiki Flyover Rawabuaya yang Renggang dan Membahayakan

PUPR Perbaiki Flyover Rawabuaya yang Renggang dan Membahayakan

Indra Komara - detikNews
Rabu, 26 Des 2018 21:48 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Wilayah VI sedang memperbaiki Flyover Rawabuaya yang kondisinya renggang. Perbaikan dilakukan dengan mengganti pot bearing.

"Saat ini sedang ditangani. Kami masih mengamani dari struktur pot bearing kemudian akan dilanjutkan pekerjaan di struktur beton. Sedang dilaksanakan. Jadi malam ini sedkit lagi, kemudian kita ganti pot bearing yang baru," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar, Kementerian PUPR Jakarta Metro, Erwin, saat dihubungi, Rabu (26/12/2018).

Erwin mengatakan pekerjaan sudah dimulai sejak pagi tadi. Namun pergantian pot bearing harus dilakukan pada malam hari. Pot bearing merupakan piranti struktural yang berfungsi menyambung suatu bagian jembatan ke bagian lainnya.

"Saat penggantian pot bearing dilakukan malam hari," tuturnya.



PUPR Perbaiki Flyover Rawabuaya yang Renggang dan MembahayakanFoto: Dok. Istimewa


Erwin tidak menjelaskan secara pasti penyebab rusaknya flyover Rawabuaya ke arah Cengkareng itu. Namun dia menegaskan jembatan layang itu perlu pergantian pot bearing.

"Itu memang perlu penggantian karena di bawahnya harus diganti, atasnya juga perlu diganti," kata Erwin.

Ada 11 petugas yang memperbaiki flyover tersebut. Saat perbaikan, rambu-rambu sudah dipasang petugas. Erwin juga mengatakan, selama perbaikan hanya kendaraan kecil yang bisa melintas di bawah flyover.



"Sampai pekerjaan pot bearing (malam hari) hanya kendaraan kecil, mobil prbadi, mobil box kecil, motor bisa, kecuali truk muatan," kata dia.

Flyover ini merupakan kewenangan Kementerian PUPR. Erwin melanjutkan, kondisi flyover tidak seperti yang ramai diberitakan di media sosial.

"Tidak ada dari dinas (Pemprov) karena kewenangannya ada di PUPR. Kondisinya tidak seperti yang diberitakan di medsos," ujar Erwin. (idn/nvl)