Sandiaga Harap Natal Bisa Sejukkan Indonesia dan Jaga Keberagaman

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 25 Des 2018 08:48 WIB
Foto: Sandiaga Uno (Ibnu Munsir/detikcom)
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan makan malam rangkaian dari perayaan natal di Jalan Lamadukelleng Makassar. Di perayaan Natal ini, Sandi berpesan agar Indonesia tetap Sejuk dan menjaga keberagamaan.

"Tentunya menyambut perayaan Natal tahun 2018 ini dengan harapan bahwa semangat Natal kebersamaan kita juga kita harapkan mendapat keberkahan dan damai di bumi dalam salam cinta. Damai kasih Natal ini bisa menyejukkan Indonesia dan mempersatukan menjaga keberagaman, itu yang kami maknai," kata Sandiaga di Makassar, Senin (25/12/2018).


Selain itu, Sandi berharap di perayaan Natal kali ini, kebutuhan bahan pokok normal dan tidak mengalami kenaikan. Dia juga berharap aktivitas perekonomian terus meningkat.

"Harapan kita ke depan perekonomian kita lebih baik dan aktivitas ekonomi meningkat. Kita harapkan di Prabowo-Sandi lapangan kerja bisa tercipta dan juga kalau lagi Natal ini biasanya harga-harga pada naik nih, kita berharap jangan terlalu memberatkan bagi keluarga masyarakat itu yang menjadi harapan dari kami semua di sini di malam Natal," jelasnya.


Sandiaga juga sempat berbicara mengenai tsunami Selat Sunda. Sandiaga mengucapkan bela sungkawa. Sandiaga ingin ada pusat edukasi tentang potensi bencana.

"Kita harus membuat semacam pusat yang menjadi edukasi masyarakat secara umum tentang potensi bencana. Jadi tiap-tiap kota pedesaan juga menjadi pusat edukasi, menjadi wisata bagi anak anak untuk belajar," kata Sandiaga di Jalan Lamadukkeleng Makassar.


Pusat edukasi tersebut disebut Sandi penting karena posisi Indonesia yang menurutnya rentan terjadi bencana alam. Jika terpilih, Sandi berjanji akan mewujudkannya.

"Kalau kita melihat frekuensi bencana itu semakin hari semakin sering dan tidak terduga-duga. Oleh karena itu saya kemarin sempat melihat salah satu pendekatan di Jepang melalui disaster center. Itu nanti Prabowo-Sandi akan membangun di setiap kota," sebut Sandi.

"Apa yang harus dilakukan untuk menghadapi potensi bencana, kalau di Jepang kan gempa bumi, maupun tsunami juga, tapi kita juga negara yang rentan bencana. Kita harus punya tempat-tempat pusat edukasi bencana. Dijadikan kurikulum untuk para siswa di setiap tingkatan untuk mengetahui apa yang harus mereka lakukan, selalu dilatih siaga kemungkinan," sebut Sandi.


Pagi ini, Selasa (25/12/2018), Sandiaga melanjutkan agendanya di Makassar. Dia sarapan nasi kuning Riburane di Jalan Penghibur Makasar.

"Ini enak banget. Pas untuk sarapan, nasinya gurih, telurnya bikin ketagihan dan sambalnya menambah selera untuk terus makan. Saya campur tadi dengan kuah daging, tambah nikmat," kata Sandi seperti dalam keterangan pers Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Sandi memang selalu menyempatkan diri mampir mencicipi kuliner di tempat yang dikunjunginya. Menurut Sandi, bisnis kuliner mampu menyerap lapangan kerja dan menghidupi masyarakat sekitarnya serta meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

"Prabowo dan Sandi akan fokus pada gerak ekonomi rakyat. Industri kecil dan menengah adalah denyut ekonomi Indonesia sesungguhnya. Termasuk nasi kuning Riburane ini," papar Sandi.


Simak Juga 'Mendag Pastikan Stok Pangan Natal dan Tahun Baru Aman':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/rna)