DetikNews
Senin 24 Desember 2018, 14:35 WIB

Porsche Cayman Beralamat Pemilik di Rumah Berdinding Seng akan Diblokir

Arief Ikhsanudin - detikNews
Porsche Cayman Beralamat Pemilik di Rumah Berdinding Seng akan Diblokir Rumah pemilik terdaftar Porsche Cayman yang nunggak pajak Rp 28 juta. (Foto: Ibnu Hariyanto-detikcom)
Jakarta - Mobil Porsche Cayman yang disebut Samsat Jakarta Barat milik seorang beralamat di rumah berdinding seng akan diblokir. Tujuannya, agar si pemilik terdaftar yang tinggal di rumah berdinding tripleks dan seng tak diuber petugas karena mobil atas namanya itu menunggak pajak.

"Besok akan suruh balik nama. Akan dijelaskan, nanti anda kasihan, diuber pajak. Saya akan jelaskan itu," ucap Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB BBNKB) Jakarta Barat, Elling Hartono, saat dihubungi detikcom, Senin (24/12/2018).


Elling mengatakan hanya si pemilik terdaftar bernama Aliyah yang bisa memblokir Porsche tersebut. Meski Aliyah diduga bukanlah pemilik asli mobil itu.

"Kan mobil didaftarkan memakai nama Aliyah. Otomatis Aliyah pemilik, kan logika hukum begitu. Kan ternyata bukan pemilik (asli). Artinya ada pemalsuan," ucap Elling.

Mobil Porsche yang terdaftar sebagai milik Aliyah itu bertipe Cayman dengan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Rp 1,1 miliar. Kendaraan itu menunggak pajak satu tahun senilai Rp 28 juta.



Saat petugas Samsat Jakarta Barat bersama dan Badan Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta mengecek alamat mobil mewah Porsche yang menunggak pajak itu, ada kejanggalan karena alamat yang dimaksud adalah kontrakan semipermanen yang berdinding tripleks dan seng. Elling pun menduga pemilik asli ingin menghindari pajak progresif kendaraan sehingga menggunakan KTP orang lain saat mendaftarkan kendaraannya.

"Kelabui tarif progresif atau mengelabui pajak. Bisa pajak penghasilan juga berkurang. Dia kan harus masuk aset tersebut. Karena dialihkan ke Aliyah, dia bukan pemilik," ucap Elling.
(aik/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed