DetikNews
Jumat 21 Desember 2018, 19:12 WIB

PT NKE Keberatan Tanggung Jawab Sendirian Atas Amblesnya Jalan Gubeng

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
PT NKE Keberatan Tanggung Jawab Sendirian Atas Amblesnya Jalan Gubeng Jalan Gubeng, Surabaya, mendadak ambles pada Selasa (18/12) pukul 21.00 WIB. Kedalaman jalan yang ambles berkisar 10-15 meter. (Foto: Pemkot Surabaya)
FOKUS BERITA: Jalan Raya Gubeng Ambles
Jakarta - PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) keberatan dijadikan satu-satunya pihak yang bertanggung jawab atas amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya. PT NKE selaku kontraktor pelaksana proyek Gubeng Mixed menyatakan menunggu hasil penyelidikan kepolisian.

"Terkait dengan pihak yang harus bertanggung jawab atas kejadian longsornya Jalan Raya Gubeng hingga saat ini masih menunggu penyelidikan oleh aparat kepolisian dan instansi yang berwenang," ujar Dirut PT NKE, Djoko Eko Suprastowo, saat konferensi pers di Kantor Pusat NKE, gedung ITS Tower Nifarro Park Lantai 21, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018).


"Dalam hal penyelidikan belum menyimpulkan hasil, PT NKE menyatakan keberatan jika dijadikan pihak yang satu-satunya bertanggung jawab atas musibah ini. PT NKE memohon agar publik bersabar hingga penyelidikan yang dilakukan instansi berwenang selesai dan menyimpulkan hasil," kata Djoko.

Djoko menegaskan, semua aktivitas proyek yang dilaksanakan PT NKE mulai dari tahap kegiatan pekerjaan telah sesuai dengan dokumen-dokumen pelaksanaan pekerjaan yang telah dilegitimasi oleh para konsultan pemberi kerja.

PT NKE merupakan kontraktor struktur dari pemberi kerja, PT Saputra Karya. PT NKE juga merupakan kontraktor pelaksana yang melanjutkan kontraktor terdahulu, PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora).


"Hal-hal yang dilakukan PT NKE saat ini adalah mengutamakan kepentingan umum dapat dipulihkan kembali, yaitu dengan secepatnya memperbaiki kondisi Jalan Gubeng menjadi normal kembali, dalam hal ini PT NKE berkoordinasi dengan pemberi kerja, pemerintah kota, dan kepolisian," ujar Djoko.

Konferensi pers PT NKE terkait amblesnya Jalan Raya GubengKonferensi pers PT NKE terkait amblesnya Jalan Raya Gubeng (Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom)

PT NKE bersama Pemkot Surabaya dan pihak lainnya saat ini berkonsentrasi agar Jalan Raya Gubeng Surabaya dapat selesai secepatnya. Ditargetkan Jalan Gubeng, Surabaya, sudah kembali normal paling lama tanggal 31 Desember 2018.

"Insyaallah berdasarkan perkembangan terakhir sekarang, bisa diselesaikan, insyaallah bisa lebih cepat daripada rencananya (target selesai 31 Desember)," katanya.


PT NKE sendiri telah menganggarkan Rp 10 miliar untuk perbaikan dan pemulihan kembali Jalan Gubeng, Surabaya.

"Melihat perkembangan selanjutnya, kami dengan pemberi tugas sudah sepakat untuk mengatasi segala permasalahan yang ada akibat runtuhnya proyek kita ini," tuturnya.

Terkait adanya gugatan dari warga Kota Surabaya untuk amblesnya Jalan Gubeng, Djoko mengatakan pihaknya akan mempelajari gugatan tersebut. Namun menurutnya, yang terpenting saat ini adalah PT NKE bertanggung jawab secara moral.


"Prinsipinya proyek ini harus selesai, harus berfungsi kembali dan segera berfungsi kembali seperti sedia kala. Kita akan selesaikan akhir tahun ini, kalau soal yang berwenang kepolisian menyatakan siapa yang bersalah, ya mohon maaf, terserah mereka. Penyelidikan sampai tingkat apa dan lain sebagainya," jelasnya.

Sebelumnya, PT NKE menyatakan bertanggung jawab untuk menanggung biaya recovery Jalan Raya Gubeng usai ambles. PT NKE mengungkapkan siap menanggung penuh biaya pemulihan jalan milik pemkot itu.

Dirut PT NKE Tbk Joko Eko mengatakan pihaknya sejak sore hari sudah mulai melakukan proses recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles.


"Kami tanggung jawab. Mulai sore ini, kami sudah mulai recovery jalan," kata Joko saat rapat dengar pendapat di DPRD Surabaya, Kamis (20/12).

Menurut Joko, pihaknya juga telah mendapatkan izin dari kepolisian agar truk-truk yang mengangkut pasir dan batu (sirtu) bisa keluar masuk Surabaya selama 24 jam. Sirtu tersebut nantinya digunakan untuk pengurukan jalan yang ambles di Gubeng.
(nvl/jbr)
FOKUS BERITA: Jalan Raya Gubeng Ambles
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed