Jelang 'Nataru', 1.273 Personel Gabungan Siaga di Bandara Ngurah Rai

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 10:40 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Denpasar - Jumlah pengunjung Bali pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) diprediksi meningkat hingga 70 ribu penumpang per hari. Pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pun menyiagakan lebih dari seribu personel untuk menyambut kedatangan penumpang tersebut.

"Kalau pengamanan dari AURI, dari kepolisian KP3U dan K9 semua sudah lengkap. Kalau personel, saya tidak monitor detail, tapi total 1.273 orang dari Otban, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Bea-Cukai, seluruhnya ya," kata GM Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi seusai apel di kantornya, Jl Raya Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (20/12/2018).

Yanus menambahkan, selama libur Natal dan tahun baru ini, pihaknya menyiapkan posko di terminal kedatangan domestik. Posko ini dibuka pada 20 Desember-6 Januari 2019 dan didukung personel dari Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, KKP, Pangkalan TNI AU Ngurah Riai, Kepolisian Kawasan Udara Ngurah Rai, Basarnas, dan K9.

Yanus mengatakan, selama libur Natal dan tahun baru ini, pihaknya memprediksi akan ada 70 ribu penumpang tiap hari yang tiba di Bali. Jumlah itu didasari perhitungan total tambahan penerbangan (extra flight) sebanyak 765 dengan rute domestik.

"Saya punya terminal ini memang kapasitasnya terbatas, tapi kami sudah siapkan untuk 88 ribu per hari. Prediksi kami masuk 70 ribu dengan perhitungan extra flight yang sudah kita setujui, yaitu 765 sampai hari ini, mayoritas dari Cengkareng, Surabaya, dan Lombok," ujar Yanus.

Dia menambahkan jumlah penerbangan tambahan ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya, yaitu sekitar 60 persen. Meski bakal ada lonjakan jumlah penumpang, Yanus memastikan pihaknya tetap memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Kami juga akan memperhatikan kesiapan alat produksi kami, seperti landasan, apron, alat navigasi penerbangan, kendaraan airport rescue and fire fighting, dan juga genset. Selain menjaga keamanan di area bandara, kami akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait kelancaran arus lalu lintas sepanjang perjalanan dari dan menuju bandara," pungkasnya.



Saksikan juga video 'Menhub Minta Penerbangan Jelang Natal dan Tahun Baru Ditambah':

[Gambas:Video 20detik]

(ams/asp)