IPB Masuk 40 Besar Kampus Paling Hijau di Dunia

Rina Atriana - detikNews
Rabu, 19 Des 2018 18:39 WIB
IPB raih penghargaan 40 besar kampus paling hijau di dunia (Foto: Dok. Arif Satria/IPB)
Jakarta - Lembaga UI GreenMetric World Ranking merilis deretan universitas paling berkelanjutan (hijau) di dunia. Institut Pertanian Bogor (IPB) menempati urutan 40 dunia dan 2 di Indonesia.

Rektor IPB Arif Satria menjelaskan, penghargaan diberikan hari ini, Rabu (19/12/2018) di Kampus Universitas Indonesia (UI). Arif menerima langsung penghargaan tersebut.

"Indikatornya ada enam, infrastructure, waste management, water management, edukasi lingkungan, green transportation, kira-kira itu, oh iya satu lagi efisiensi energi," kata Arif saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (19/12/2018).


"Masuk 40 besar dunia dari Indonesia hanya dua, UI dan IPB. UI berada di urutan 29, IPB di urutan 40," jelasnya.

IPB Masuk 40 Besar Kampus Paling Hijau di DuniaFoto: Dok. Arif Satria/IPB
Penghargaan dari UI GreenMetric World Ranking merupakan yang ke-10 kali untuk kategori kampus paling hijau. Tahun sebelumnya IPB berada di urutan 52 dunia.


"IPB juga sedang dalam proses menerapkan Green Campus, sedang mendorong menghitung emisinya berapa, mendorong efisiensi energi. Kita kontrol semua di IPB ini, berapa pengeluaran listrik, mendorong transportasi masal di kampus, juga jalur sepeda sudah kita buat," bebernya. (rna/van)