DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 15:55 WIB

Menteri Yohana akan Terus Perjuangkan Baiq Nuril yang Dihukum MA

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Menteri Yohana akan Terus Perjuangkan Baiq Nuril yang Dihukum MA Menterti Yohana Yambise (Dok. detikcom)
Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise melihat ada ketidakadilan dalam vonis Mahkamah Agung (MA) terhadap Baiq Nuril dengan 6 bulan penjara. Yohana menegaskan pihaknya akan terus memperjuangkan hak dan martabat Baiq Nuril.

"Itu kan masalah perempuan, isu perempuan, itu kan isu kita semua perempuan bersama, kan kelihatannya ada ketidakadilan dalam hal pengambilan keputusan, dan kami akan tetap memperjuangkan hak dan martabat perempuan, sehingga ditangani secara bermartabat," kata Yohana saat ditemui di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2018).


Ditanya soal apakah vonis tersebut kurang memperhatikan Nuril sebagai perempuan yang menjadi korban, Yohana mengatakan pihaknya akan memberi pelatihan kepada para penegak hukum terkait isu perempuan.

"Kita perlu melakukan pelatihan-pelatihan lebih dalam lagi, lebih gencar lagi, kepada para aparat penegak hukum. Apalagi perempuan menjadi perhatian kita untuk menjadi model memutus hal yang terbaik, untuk perempuan dan anak-anak," ujar Yohana.


Sebelumnya diberitakan, majelis kasasi yang diketuai seorang hakim agung perempuan, Sri Murwahyuni, menyebut Baiq Nuril adalah pihak yang membuat malu Kepala SMAN 7 Mataram, Haji Muslim.

"Akibat perbuatan terdakwa, karier Haji Muslim sebagai kepala sekolah terhenti. Keluarga besar malu dan kehormatannya dilanggar," demikian alasan pertimbangan kasasi yang diketok oleh ketua majelis Dr Sri Murwahyuni, dengan anggota MD Pasaribu dan Eddy Army, sebagaimana dikutip website MA, Senin (17/11).


Saksikan juga video 'Mahasiswa di Makassar Tuntut Jokowi Bebaskan Baiq Nuril':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed