DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 16:00 WIB

Mendagri soal Kotak Suara Kardus: Jangan Cari-cari Kekhawatiran

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Mendagri soal Kotak Suara Kardus: Jangan Cari-cari Kekhawatiran Mendagri Tjahjo Kumolo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, kotak suara kardus sudah pernah digunakan pada tiga pilkada serentak dan tidak ada masalah. Dia pun mengingatkan agar pihak yang khawatir dengan kotak suara tersebut tidak mencari-cari kekhawatiran.

"Jangan mencari-cari sebuah kekhawatiran. Hal yang sudah umum ya harus dipahami sebagai hal yang umum. Kalau sebuah masalah dicari kesalahannya, ya, repot," kata Tjahjo saat ditemui di Istana Wapres Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (19/12/2018).


Tjahjo mengungkapkan, tidak ada masalah keamanan dari kotak suara kardus. Dari proses pemungutan suara hingga perhitungan, berbagai pihak akan turut mengamankan.

"Kepolisian mengamankan, Satpol PP mengamankan, petugas kecamatan, desa mengamankan, saksi-saksi partai politik mengamankan juga. Saya kira nggak masalah, soal ada yang rusak ada yang apa, ya diganti saja, tidak ada masalah," ujarnya.

Politikus PDIP itu lantas mempertanyakan pihak yang khawatir dengan keamanan dan kualitas dari kotak suara kardus. Jika salah satu yang dikhawatirkan adalah masalah terkena air, Tjahjo mengatakan kotak suara berbahan karton itu memang didesain bukan untuk terkena air.

"Apakah ini membahayakan, karena pilkada juga menggunakan itu. Jadi jangan dilihat dari kotaknya, karena aspeknya juga aspek pengawasannya juga dan sebagainya. Kalau dilihat ini kena air saja, kan tujuannya bukan kena air, saya kira nggak perlu dimasalahkan, sudah clear," tuturnya.


Kemendagri dikatakan Tjahjo tidak memiliki hak untuk mengintervensi KPU terkait pemakaian kotak suara kardus, karena hal tersebut menjadi kewenangan KPU. Namun terkait ketahanan kotak suara kardus, Tjahjo menilai semuanya tergantung pengamanan di lapangan.

"Soal aman dan tidak kan tergantung di lapangan, tapi secara prinsip kotak ini kuat, diduduki kuat, secara undang-undang transparan, ada plastiknya dan sebagainya," pungkas Tjahjo.


Saksikan juga video 'Kotak Suara 'Kardus' Sisakan Banyak PR untuk KPU':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed