detikNews
Selasa 18 Desember 2018, 15:01 WIB

Setiap Anak di Bekasi Dianjurkan Punya Kartu Identitas

Isal Mawardi - detikNews
Setiap Anak di Bekasi Dianjurkan Punya Kartu Identitas Ilustrasi KIA atau KTP anak (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengimbau agar setiap anak dalam rentang usia 0 tahun hingga 17 tahun memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Sebanyak 10 ribu keping blangko KIA pun sudah disiapkan untuk tahun ini.

"Setiap anak yang ada di wilayah Kota Bekasi (diharapkan) segera membuat Kartu Identitas Anak," ucap Plt Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Bekasi, Jamus Rasidi, di kantornya, Jalan Ir H Djuanda, Bekasi, Selasa (18/12/2018).

Jamus mengatakan 10 ribu keping blangko KIA sudah disiapkan untuk tahun ini. Sedangkan untuk tahun depan, Jamus menyebut ada 200 ribu keping blangko.

"Di dalam KIA, tercantum nama (anak), nomor akta, ada NIK-nya, foto. Nggak jauh beda sama KTP, hanya ada nama kepala keluarga," ujar Jamus.




Ada sedikit perbedaan dalam KIA untuk anak usia 0-5 tahun dengan 5-17 tahun. Perbedaannya yaitu penggunaan foto bagi kelompok usia 5-17 tahun, sedangkan 0-5 tahun tidak menggunakan foto. Pembuatan KIA ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

"Cukup bawa KK (Kartu Keluarga), akta, KTP bapak dan ibu ke Disdukcapil atau ke kecamatan dan 2 MPP (Mall Pelayanan Publik). Paling cepat (penerbitan kartu) 1x24 jam," ujar Jamus.

"Dengan KIA sudah mewakili akta. Efesiensinya begitu. Lebih simpel ketimbang akta," imbuh Jamus.


Saksikan juga video 'Sudah Punya Kartu Identitas Anak? Ini Manfaatnya':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com