DetikNews
Selasa 18 Desember 2018, 12:42 WIB

Novanto 'Sambut' Zumi Zola di Sukamiskin, Langsung Ajak Nyantri

Zunita Putri - detikNews
Novanto Sambut Zumi Zola di Sukamiskin, Langsung Ajak Nyantri Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Koruptor proyek e-KTP Setya Novanto mengaku sempat bertemu Zumi Zola di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat (Jabar). Zumi memang baru-baru ini dieksekusi KPK ke Sukamiskin selepas putusan hukumnya berkekuatan tetap atau inkrah.

"Semua orang baru, ada empat orang baru (termasuk Zumi Zola). Kita di sana ngobrol," kata Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).




Novanto mengaku tidak bertanya tentang perkara yang menjerat Zumi Zola. Menurut Novanto, semua terpidana yang dieksekusi ke Sukamiskin sudah sepantasnya prihatin.

"Semua kalau di sana kan sudah prihatin, sudah masuk 'pesantren', sudah belajar doa," ucap Novanto.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Novanto memang mengidentikkan Sukamiskin sebagai tempat baginya mendekatkan diri kepada Tuhan. Dia mengaku belajar banyak doa di Sukamiskin.




Zumi Zola dieksekusi pada Jumat, 14 Desember, lalu bersama terpidana kasus korupsi lain, Eko Mardianto, yang dibui karena korupsi pengadaan fasilitas sarana budi daya benih di Kementerian Pertanian.

Sedangkan Zumi Zola harus menjalani hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Dia diyakini terbukti menerima gratifikasi uang Rp 37.477.000.000, USD 173.300, dan SGD 100.000 serta satu unit mobil Toyota Alphard. Zumi juga dinyatakan terbukti memberikan suap kepada 53 anggota DPRD Jambi periode 2014-2019 dengan total Rp 16,34 miliar.


Saksikan juga video 'Ekspresi Zumi Zola saat Terima Divonis Lebih Ringan':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed