DetikNews
Senin 17 Desember 2018, 23:34 WIB

Beri Motivasi Wirausaha ke Mahasiswa, Rommy Contohkan Nabi Muhammad

Tia Reisha - detikNews
Beri Motivasi Wirausaha ke Mahasiswa, Rommy Contohkan Nabi Muhammad Foto: dok. PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Rommy) meminta mahasiswa berani berwirausaha sedini mungkin. Ia mengatakan semakin cepat mereka mencoba, kemungkinan berhasil pun semakin terbuka.

Saat menjadi pembicara di Stadium General yang diadakan Universitas Islam Malang (Unisma), Rommy memberikan contoh dari Nabi Muhammad, yang sudah berwirausaha sejak masih muda. Bahkan saat berusia 25 tahun, kala meminang istrinya, Khadijah, Nabi Muhammad mampu memberikan mahar 20 ekor unta dan 1,2 kg emas. Contoh tersebut ia sampaikan guna memotivasi ribuan mahasiswa yang hadir dalam acara itu.

"Nabi Muhammad SAW maharnya, jika dikonversi menjadi rupiah saat ini, nilainya lebih dari Rp 1,1 miliar. Ini semua merupakan hasil beliau sendiri dari berusaha," kata Rommy dalam keterangan tertulis, Senin (17/12/2018).


Sebagai pemuda muslim, mahasiswa Unisma juga diminta Rommy berusaha mencontoh Nabi. Para pemuda, lanjutnya, harus termotivasi untuk menjadi kaya saat mereka akan menikah, sehingga tidak memberikan beban kepada orang tua dan bisa memberi jaminan kepada calon istrinya.

Saat ini, sambung dia, peluang berwirausaha juga cukup besar mengingat perkembangan dunia digital yang semakin pesat. Banyak peluang bisnis yang sebelumnya tak pernah terbayangkan kini justru menjadi bisnis yang sangat menggiurkan.

Rommy mencontohkan Go-Jek yang didirikan Nadiem Makarim pada 2013 kini mempunyai nilai pasar yang lebih besar dibanding Maskapai Garuda Indonesia, yang sudah berdiri lebih dari setengah abad.

"Anak-anak muda yang tidak berasal dari keluarga kaya kini mempunyai peluang yang sama untuk sukses jika bisa jeli melihat semua peluang yang ada," tambahnya.

Menurut Rommy, mahasiswa juga harus bisa mengantisipasi perubahan dunia yang disebabkan perkembangan dunia digital. Sebab, banyak profesi yang saat ini dianggap menjanjikan bisa punah di masa mendatang seperti akuntan, pilot, dan lainnya.


(prf/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed