DetikNews
Minggu 16 Desember 2018, 21:23 WIB

Amien Rais Ceramah Pentingnya Ganti Presiden

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Amien Rais Ceramah Pentingnya Ganti Presiden Amien Rais (Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/ detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais berceramah soal pentingnya ganti presiden agar negara lebih baik. Dia mengaitkan hal tersebut dengan fungsi negara melindungi serta mengembangkan tujuan dari syariat Islam.

Ceramah Amien itu diawali dengan bicara soal 5 tujuan syariat Islam. Dia mengatakan 5 tujuan itu berasal dari para ulama.

"Memelihara agama. Agama buat kita itu ultimate concern. Agama bagi kita itu adalah puncak ultima dari keberadaan, dari wujud kita, dari kehidupan kita selama di dunia ini. Jadi mengapa orang Islam yang sudah betul-betul beriman tidak pernah bisa memaafkan kalau agamanya dihina, dicerca, dinodai, dan sebagainya, kata Amien di acara Pengajian Kebangsaan dari Aliansi Pencerah Indonesia (API) di Rumah Dakwah Al Hujjah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (16/12/2018).


Kedua, kata Amien, tujuan syariat Islam itu memelihara jiwa manusia. Berikutnya, ialah memelihara akal pikrian manusia dan keempat ialah memelihara generasi-generasi keturunan anak cucu Adam sampai hari kiamat kelak.

"Terakhir, yaitu memelihara harta benda, harus diproteksi, harus dilindungi. Karena tanpa harta benda, tanpa kekayaan itu manusia tidak bisa membangun peradaban," ujarnya.

Oleh sebab itu, negara dibutuhkan untuk melidungi dan mewujudkan tujuan dari syariat Islam tersebut. Dia kemudian menyinggung soal perlunya ganti presiden agar negara benar-benar bisa membangun negara yang lebih baik dan mewujudkan tujuan dari syariat Islam tersebut.


"Untuk mencapai 5 syariat Al-Islamiyah tadi diperlukan sebuah negara. Tanpa negara mana mungkin ada lembaga instusi yang bisa melindungi, mengamankan, memproteksi, dan mengembangkan 5 tujuan syariat Islamiyah ini," ucap Amien.

"Jadi saya akan menggarisbawahi bahwa kita sekarang ini berkiprah di gelanggang politik, gelanggang nasional bangsa ini, untuk mengganti presiden, untuk membangun negara yang lebih bagus, itu kewajiban keagamaan. Amat sangat penting, bukan hanya penting, karena negara itu yang akan menjamin terselenggaranya 5 tujuan syariat Islamiyah yang disepakati oleh ulama sejak dulu maupun sampai sekarang," pungkas Amien.
(haf/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed