Dorong Wagub Segera Ditentukan, PDIP: Pembangunan Bisa Terhambat

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Jumat, 14 Des 2018 14:30 WIB
Gembong Warsono (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - PKS dan Gerindra belum sepakat menentukan nama Wakil Gubernur DKI yang baru. PDIP meminta proses segera dilakukan agar pembangunan tidak terhambat.

"Kalau implikasi apakah tidak ada wagub, pemerintahan tidak jalan? Jalan. Itu tidak berpengaruh. Ketika pertanyaan dibalik, ketika tidak ada wagub proses pembangunan terhambat? Pasti bisa terhambat," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono saat dihubungi, Jumat (14/12/2018).



Gembong menilai lambatnya penentuan wakil gubernur bisa memberikan dampak negatif. Salah satunya mengganggu percepatan pembangunan di DKI Jakarta.

"Ketika apakah tarik-ulur akan memberikan dampak yang negatif, iya, pasti. Karena kita sampai berlama-lama tidak mendapatkan wagub yang notabene mampu membantu gubernur dalam rangka percepatan pembangunan DKI," jelas Gembong.

Gembong juga menilai belum ada perkembangan yang baik antara PKS dan Gerindra soal wagub. Dia menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan harus ikut campur menjadi mediator kedua partai.



"Harus ada mediator, mediator yang paling efektif adalah gubernur. Mediasi itu pak gubernur bisa lakukan," ucapnya.

PKS dan Gerindra hingga saat ini belum menentukan nama Wagub DKI. Kedua partai belum sepakat terkait fit and proper test untuk menentukan dua nama yang akan diajukan ke DPRD DKI. (fdu/bag)